PENDIDIKAN ISLAM DI MASJID KAMPUS YOGYAKARTA (Studi Tentang Majlis Ta’lim Di Masjid Sunan Kalijaga, Masjid Kampus UGM, dan Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY)

Moh. Mizan Habibi, S.Pd.I, NIM: 1320411170 (2015) PENDIDIKAN ISLAM DI MASJID KAMPUS YOGYAKARTA (Studi Tentang Majlis Ta’lim Di Masjid Sunan Kalijaga, Masjid Kampus UGM, dan Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM DI MASJID KAMPUS YOGYAKARTA (Studi Tentang Majlis Ta’lim Di Masjid Sunan Kalijaga, Masjid Kampus UGM, dan Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM DI MASJID KAMPUS YOGYAKARTA (Studi Tentang Majlis Ta’lim Di Masjid Sunan Kalijaga, Masjid Kampus UGM, dan Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

sebagai masjid yang berada di bawah naungan perguruan tinggi diharapkan menjadi salah satu pusat pengembangan pendidikan Islam dalam bentuk kegiatan majlis ta’lim. Pemilihan Masjid Sunan Kalijaga, Masjid Kampus UGM, dan Masjid KH. Ahmad Dahlan sebagai objek penelitian mengenai pelaksanaan majlis ta’lim di masjid kampus Yogyakarta didasarkan pada perbedaan status perguruan tinggi yang menaunginya. Fokus penelitian ditujukan untuk menganalisis latar belakang kebijakan diselenggarakan majlis ta’lim, pemetaan aspek materi kajian, dan pola pembelajaran yang dilaksanakan untuk mengetahui motif, proses pelaksanaan, dan tujuannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar Masjid Sunan Kalijaga, Masjid Kampus UGM, dan Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY sebagai masjid kampus di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analsisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa inti dari latar belakang kegiatan majlis ta’lim adalah aktualisasi dari visi dan misi masjid dan upaya penyediaan fasilitas belajar bagi para civitas akademika kampus dan masyarakat umum. Untuk pemetaan aspek materi terdapat perbedaan, meskipun ketiga masjid masih menyajikan materi yang bersifat perennial. Aspek materi yang disajikan di masjid kampus adalah tafsir Al-Qur’an, tafsir hadits, shiroh nabawiyah, tauhid, tasawuf, fikih dan hukum Islam, pemikiran Islam, dan kajian tematik yang relevan dengan isu-isu kontemporer. Sedangkan untuk pola pembelajarannya, desain majlis ta’limnya terdiri dari dua jenis yaitu pertama terseleksi – gesellschaf, artinya desain majlis ta’lim terdiri dari kumpulan orang yang terlibat interaksi satu sama lain yang saling memberikan tanggapan berupa pertanyaan ataupun pernyataan karena mempunyai ikatan yang disebabkan oleh tujuan yang sama, dan kedua heterogen yang artinya majlis ta’lim didesain dengan pola komunikasi kelompok besar yang cenderung satu arah. Metode pembelajarannya menggunakan metode ceramah, cerita, tanya jawab, deduktif, induktif, dan reflektif. Model pembelajarannya menggunakan model kontekstual dan kuantum. Model kontekstual didasarkan pada upaya pemateri untuk mengkaitkan materi dengan fenomena atau realita yang ada di lapangan, sedangkan kuantum didasarkan pada penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Masjid Kampus, Majlis Ta’lim, Aspek Materi, Pola Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:06
Last Modified: 27 Oct 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum