Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ditinjau Dari Motivasi Mahasiswa DalamMemilih Jurusan

Yulfiana Rohmatin, NIM: 1320411177 (2015) Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ditinjau Dari Motivasi Mahasiswa DalamMemilih Jurusan. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ditinjau Dari Motivasi Mahasiswa DalamMemilih Jurusan)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Self Regulated Learning Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Ditinjau Dari Motivasi Mahasiswa DalamMemilih Jurusan)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Self regulated learning mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, 2) motivasi yang mendasari mahasiswa dalam memilih jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 3) hubungan antara Self regulated learning dengan motif mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dalam memilih jurusan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala pengukuran psikologis dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) self regulated learning mayoritas mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berada pada kategori sedang dengan prosentase 62% (2) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki motivasi yang tinggi atau kuat dalam memilih jurusan dalam perkuliahan mereka. Berdasarkan nilai rata-rata jawaban responden dalam skala motivasi diketahui bahwa motivasi yang dominan mendorong mereka dalam memilih jurusan PBA sebagai tempat belajar mereka adalah motivasi intrinsik dengan nilai rat-rata tertinggi yaitu 3,70 pada aspek pengetahuan dan keterampilan. (3) Berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 yang mana 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak, artinya terdapat hubungan antara motivasi mahasiswa dalam menentukan jurusan dengan self regulated learning mahasiswa. Nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,492. hal ini berarti bahwa hubungan antara motivasi mahasiswa dalam menentukan jurusan dengan self regulated learning mahasiswa cukup kuat. Sedangkan arah hubungannya adalah positif, hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi motivasi mahasiswa PBA dalam menentukan jurusannya maka semakin tinggi pula tingkat self regulated learning mereka. Adapun koefisien determinasi atau kontribusi variabel motivasi terhadap self regulated learning diperoleh hasil sebesar 24,21%. Hal ini bararti bahwa kontribusi motivasi mahasiswa PBA dalam memilih jurusan terhadap SRL mahasiswa adalah sebesar 24,21 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah M. Si,
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Motifvasi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2015 09:07
Last Modified: 16 Oct 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17687

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum