ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE SERVQUAL DAN METODE KANO DI PERPUSTAKAAN UMUM BANTUL

Fahmi Ash Shiddieqy, 09140081 (2015) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE SERVQUAL DAN METODE KANO DI PERPUSTAKAAN UMUM BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE SERVQUAL DAN METODE KANO DI PERPUSTAKAAN UMUM BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE SERVQUAL DAN METODE KANO DI PERPUSTAKAAN UMUM BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan sirkulasi perpustakaan berdasarkan metode Servqual dan metode Kano di Perpustakaan Umum Bantul. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya kualitas pelayanan sirkulasi perpustakaan sebagai ukuran keberhasilan perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pemustaka di Perpustakaan Umum Bantul, sementara objeknya adalah kualitas pelayanan sirkulasi perpustakaan di Perpustakaan Umum Bantul. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Servqual dan metode Kano untuk menganalisis 23 atribut kualitas pelayanan sirkulasi perpustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota dari Perpustakaan Umum Bantul sebesar 11,309 anggota, dengan sampel ditetapkan berjumlah 87 responden dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan dokumentasi, dengan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis metode Servqual menunjukkan kualitas pelayanan sirkulasi perpustakaan memiliki kualitas yang buruk, karena kinerja atribut pelayanan sirkulasi perpustakaan yang dirasakan belum mampu memenuhi harapan pengguna, dan berdasarkan hasil analisis berdasarkan metode Kano menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sirkulasi perpustakaan memiliki kategori one dimensional (satu dimensi), yang berarti kinerja pelayanan berbanding lurus dengan kepuasan pemustaka. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan untuk dilakukan peningkatkan kualitas pelayanan pada seluruh atribut pelayanan sirkulasi perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bapak Dr. Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Umum Bantul, kualitas pelayanan, pelayanan sirkulasi, metode Servqual, metode Kano, kinerja, harapan, kepuasan pemustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 08:16
Last Modified: 15 Oct 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum