EKSISTENSI BUKU DALAM FILM AGORA KARYA ALEJANDRO AMENABAR (Analisis Semiotika Charles Sander Pierce Dan Ferdinand De Saussure)

LUTFIYANTI, NIM 11140027 (2015) EKSISTENSI BUKU DALAM FILM AGORA KARYA ALEJANDRO AMENABAR (Analisis Semiotika Charles Sander Pierce Dan Ferdinand De Saussure). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI BUKU DALAM FILM AGORA KARYA ALEJANDRO AMENABAR (Analisis Semiotika Charles Sander Pierce Dan Ferdinand De Saussure))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI BUKU DALAM FILM AGORA KARYA ALEJANDRO AMENABAR (Analisis Semiotika Charles Sander Pierce Dan Ferdinand De Saussure))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Eksistensi Buku Dalam Film Agora Karya Alejandro Amenabar (Analisis Semiotika Charles Sander Pierce dan Ferdinand de Saussure) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi buku yang terdapat dalam sebuah film. Manfaat penelitian ini adalah memberi wawasan dan pengetahuan mengenai eksistensi buku yang ditampilkan dalam sebuah film. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber primer sign yang terdapat dalam film berupa scene dan dialog serta menggunakan beberapa literatur lain sebagai data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (menonton, mengamati, mencatat, mereduksi tanda), dokumetasi, dan studi pustaka. Adapun untuk mengolah data digunakan pendekatan semiotika. Melalui penelitian ini, diperoleh simpulan bahwa: 1) Buku dalam film tersebut memiliki aspek penting diantaranya; a) aspek karya; b) aspek informasi; dan c) aspek pengetahuan. Ketiga aspek tersebut, menunjukan buku tidak hanya sebagai media dokumentasi yang menghimpun pemikiran, gagasan dari seorang penulis. Akan tetapi, lebih dari itu dalam film Agora nilai penting yang terkandung dalam buku menunjukan hal yang luar biasa karena didalam sebuah buku menyimpan “ideologi” dari seorang penulis yang dapat memberikan pengaruh terhadap kemajuan dan kemunduran sebuah peradaban. 2) Dalam film ini, eksistensi buku dalam kehidupan sosial ber Agama masyarakat, buku menjadi sebuah ancaman bagi kaum Kristiani dalam penyebaran Agama di Alexandria. Hal tersebut, memicu perilaku vandalism atau penghancuran budaya dengan menghapus ingatan masyarakat terhadap ideologi sebelumnya. 3) Eksistensi buku dalam kehidupan sosial budaya memiliki peran penting dalam bidang pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Dalam film ini, digambarkan dengan adanya sebuah karya dari dua Ilmuan dalam bidang astronomi yaitu Ptolemy dan Aristrachus. karya tersebut yang menjadi awal dari perkembangan ilmu pengetahuan yang dapat kita lihat sampai dengan hari ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag,. SIP,. MA.
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Buku, Film, Semiotika
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:05
Last Modified: 27 Oct 2015 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17699

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum