PENGELOLAAN REPOSITORI DIGITAL MODEL OPEN ARCHIVAL INFORMATION SYSTEM (Studi Kasus di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang

SATRIA GAMALA, NIM. 11140089 (2015) PENGELOLAAN REPOSITORI DIGITAL MODEL OPEN ARCHIVAL INFORMATION SYSTEM (Studi Kasus di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN REPOSITORI DIGITAL MODEL OPEN ARCHIVAL INFORMATION SYSTEM (Studi Kasus di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN REPOSITORI DIGITAL MODEL OPEN ARCHIVAL INFORMATION SYSTEM (Studi Kasus di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengevaluasi pengelolaan repositori digital di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro berdasarkan model OAIS. Model Open Archival Information System (OAIS) merupakan kerangka konseptual pengembangan perpustakaan digital dan pengelolaan repositori digital yang diakui secara internasional. Universitas Diponegoro memiliki repositori digital yang bernama UNDIP-IR yang dikelola oleh UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang menjadikan UNDIP-IR sebagai kasus untuk mengetahui pengelolaan repositori digital di universitas yang sesuai dengan standar internasional, meskipun tidak dapat menggambarkan secara keseluruhan dan dijadikan sebuah generalisasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara semi terstruktur. Analisis data dilakukan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling dan informan merupakan pustakawan di UPT Perpustakaan UNDIP yang bertugas sebagai administrator dalam pengelolaan UNDIP-IR. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan repositori digital di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang dilihat dari model OAIS belum memenuhi semua komponen model OAIS. Adapun dari dua belas komponen model OAIS yang telah dideskripsikan, terdapat sebelas komponen yang memenuhi dan satu belum memenuhi. Sebelas komponen model OAIS yang terpenuhi diantaranya Producer, Management, Consumer, Ingest, Archival Storage, Data Management, Preservation Planning, Access, Administration, Submission Information Package, dan Dissemination Information Package. Sedangkan satu komponen model OAIS yang belum terpenuhi yaitu bagian dari Archival Information Package berupa Fixity. Dalam pengelolaan UNDIP-IR belum terdapat validasi tentang keaslian dari sebuah koleksi digital seperti watermark, ataupun tanda tangan digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Solihin Arianto, S.Ag., SIP., M.LIS.,
Uncontrolled Keywords: Model OAIS, repositori digital
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Oct 2015 14:21
Last Modified: 15 Oct 2015 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum