BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA MAN LAB. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

AHMAD AZIZUN, NIM 08220003 (2015) BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA MAN LAB. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA MAN LAB. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA MAN LAB. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD AZIZUN. Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Kenakalan Siswa MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kenakalan siswa MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian karena pada dasarnya upaya bimbingan kelompok untuk mengatasi kenakalan siswa sudah berjalan lama, tetapi hasilnya belum optimal. Adapun yang menjadi rumusan masalahnya yaitu : a) bentuk kenakalan siswa, b) penyebab kenakalan siswa, c) bentuk Bimbingan Kelompok dalam mengatasi kenakalan siswa di MAN LAB UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah. Sumber data penelitian ini adalah ketua Bimbingan Kelompok di MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2. Siswa-siswi kelas X MAN Lab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan subyek 20 di ambil dari jumlah siswa kelas X diambil 5 orang dari masing jumlah 4 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengolah data yang telah diperoleh selama penelitian kemudian secara sistematis diinterpretasikan ke dalam laporan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) jenis kenakalan yang dilakukan siswa tergolong masalah ringan. 2) penyebab kenakalan siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, tetapi lebih banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal siswa. 3) bentuk bimbingan kelompok yang dilakukan guru BK dengan menerapkan metode teaching group dengan bentuk program bimbingan kelompok Pembinaan Keagamaan, Pembinaan Belajar, Training Manajemen Waktu, dan Life Skill. Tetapi bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh guru BK di MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta belum bisa sepenuhnya dapat dikatakan dapat mengatasi kenakalan siswa. Karena bimbingan kelompok yang dilaksanakan tersebut lebih bersifat preventif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok dan Kenakalan Siswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:43
Last Modified: 20 Oct 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum