MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

Maria Ulfa, NIM. 09220076 (2015) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas tentang manajemen bimbingan dan konseling di SDIT Luqman Al HakimYogyakarta. Dengan fokus penelitian tentang sistem manajemen bimbingan dan konselingyang diterapkan oleh guru BK di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, pengumpulan data dilakukandengan cara observasi partisipant, interview mendalam, dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan pendekatan klasik, pengolahan datanya secarakualitatif yang bersifat analisisdeskriptif. Setelah data terkumpul kemudiandianalisis menggunakan teori manajemen menurut Fajar Santoadi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwasistemmanajemen bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru BK terdiri dari perencanaan yakni dengan menentukan sasaran, membuat daftar kebutuhan, melakukan asesmen beserta analisisnya, menentukan tujuan kegiatan, merumuskan alternatif pemecahan masalah, menetapkan personil yang akan menjadi pelaksana, mempersiapkan fasilitas dan anggaran pembiayaannya, dan memilih alternatif strategi pemecahan masalah hingga strategi pengembangannya. Kemudian pengorganisasian di sini adalah mengatur dengan membagi dalam bentuk kelompok-kelompok beserta tugas-tugas yang harus dikerjakan agar tujuan yang ditetapkan tercapai secara efisien. Setelah melakukan perencanaan dan pengorganisasian selanjutnya yaitu pengarahan, ini menjadi tanggung jawablangsung koordinator guru BK yakni membimbing dan memotivasi staf agar selalu semangat dalam menjalankan tugas kerja dan masing-masing tetap pada peran dan fungsinya sehingga tercapai tujuanyang ditetapkan. Dan yang terakhir yakni pengawasan,ini dilakukan juga langsung oleh koordinator guru BK di SDIT ini yaitu dengan memonitoring seluruh aktifitas kerja dan melakukan koordinasi terhadap petugas pelaksana dari tiap kegiatan apakah sudah sesuai dengan perencanaan. Kesemuanya ini ditentukan melalui rapat internaldan dengan komunikasi dan koordinasi yang intens. Kata kunci : Manajemen bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S.Ag.,MA.
Uncontrolled Keywords: Manajemen bimbingan dan konseling
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:06
Last Modified: 27 Oct 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum