PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDAKIAN GUNUNG PADA MAHASISWA PENCINTA ALAM SUNAN KALIJAGA (MAPALASKA)

RIYAN HERMAWAN, NIM. 09220092 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDAKIAN GUNUNG PADA MAHASISWA PENCINTA ALAM SUNAN KALIJAGA (MAPALASKA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDAKIAN GUNUNG PADA MAHASISWA PENCINTA ALAM SUNAN KALIJAGA (MAPALASKA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDAKIAN GUNUNG PADA MAHASISWA PENCINTA ALAM SUNAN KALIJAGA (MAPALASKA))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui aspek-aspek karakter, metode-metode yang digunakan dan tahapan pendidikan karakter dalam pendakian gunung di Mahasiswa Pencinta Alam Sunan Kalijaga dengan analisis studi Bimbingan dan Konseling Islam. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan penelitian lapangan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sampling, adapun informan yang dipilih yaitu; tiga orang anggota divisi rimba gunung Mapalaska yang telah melaksanakan tahapan pendidikan anggota sampai selesai, pengurus Mapalaska dan pembina Mapalaska. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan Miles and Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa aspek-aspek pendidikan karakter dalam pendakian gunung terdiri dari 2 kelompok karakter, diantaranya yaitu; aspek karakter individu berupa karakter mandiri dan karakter tanggung jawab. Yang kedua adalah aspek karakter sosial berupa karakter solidaritas, karakter bersahabat dan karakter toleransi. Metode pendidikan karakter melalui pendakian gunung di Mapalaska UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu; metode yang pertama adalah keteladanan, yang diaplikasikan dalam bentuk pemberian contoh, pemberian semangat serta pengarahan. Metode yang kedua adalah melalui pembelajaran, yang diaplikasikan dalam bentuk pelatihan, pembentukan pengalaman, penugasan, paksaan serta hukuman. Metode yang ketiga adalah pemberdayaan dan pembudayaan, yang diaplikasikan dalam bentuk perenungan. Tahapan pendidikan karakter melalui pendakian gunung di Mapalaska yaitu; tahapan pembentukan pengalaman, tahapan perenungan pengalaman, tahapan pembentukan konsep dan tahapan pengujian konsep. Keyword: Pendidikan Karakter, Pendakian Gunung, Mahasiswa Pencinta Alam Sunan Kalijaga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S. Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendakian Gunung, Mahasiswa Pencinta Alam Sunan Kalijaga
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:06
Last Modified: 27 Oct 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum