KONSEP MOTIVASI DALAM AL-QUR’AN SURAH YUSUF AYAT 87 DAN SURAH ALI-IMRAN AYAT 139 SERTA RELEVANSINYA DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

ARIB SODIKIN, NIM. 11220006 (2015) KONSEP MOTIVASI DALAM AL-QUR’AN SURAH YUSUF AYAT 87 DAN SURAH ALI-IMRAN AYAT 139 SERTA RELEVANSINYA DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MOTIVASI DALAM AL-QUR’AN SURAH YUSUF AYAT 87 DAN SURAH ALI-IMRAN AYAT 139 SERTA RELEVANSINYA DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MOTIVASI DALAM AL-QUR’AN SURAH YUSUF AYAT 87 DAN SURAH ALI-IMRAN AYAT 139 SERTA RELEVANSINYA DENGAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (868kB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah pustaka dengan sumber primernya adalah Tafsir Ibn Katsir karya Muhammad Nasib Rifa’i, Tafsir Al- Qurthubi karya Syaikh Imam Al-Qurthubi, Tafsir Al-Maraghi Karya Mushthafa Al-Maraghi. Sedangkan sumber sekundernya yaitu Tafsir Al-Azhar Karya Prof Dr Hamka, Tafisr Al-Wasith Karya Prof Dr Wahabah Zuhaili serta Tafsir Al-Mishbah karya M. Quraish Shihab. Objek penelitiannya adalah surah Yusuf ayat 87 dan surah ali-Imran ayat 139. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur yang ada. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi (content analisis) yaitu dengan menjelaskan arti dan maksud dari kandungan surah Yusuf ayat 87 dan surah Ali- Imran ayat 139 yang diteliti kemudian ditarik kesimpulan. Tehnik penafsirannya yaitu menggunakan tafsir Al-Amtsal yang dikaitkan dengan hasil pemahaman dan pemaknaan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) konsep motivasi yang terkandung dalam surah Yusuf ayat 87 dan Ali-Imran ayat 139 yaitu, tidak putus harapan kepada Allah, optimistis, sabar, tekad dan semangat yang kuat, yakin akan pertolongan Allah, mengambil hikmah dari setiap kejadian, kuatkan mental. 2) konsep motivasi yang terkandung dalam surah Yusuf ayat 87 dan ali-Imran ayat 139 membantu individu agar tidak putus asa dari rahmat atau pertolongan Allah ketika menghadapi masalah. 3) konsep motivasi yang terkandung surah Yusuf ayat 87 dan surah Ali-Imran ayat 139 memberikan konsep dalam menghadapi masalah dan motivasi guna mencegah timbulnya masalah baru tersebut bagian penting dalam Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) karena menjadi salah satu fungsi BKI. Kata kunci: Konsep Motivasi, dan Bimbingan dan Konseling Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moch. Nur Ichwan, S.Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Konsep Motivasi, dan Bimbingan dan Konseling Islam
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:15
Last Modified: 02 Nov 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17750

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum