PERANAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA (STUDI PADA JAMA’AH PENGAJIAN PAGI DI MASJID SABILURROSYAAD KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL)

MAFTUKHATUL ALFIZANA, NIM. 11220065 (2015) PERANAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA (STUDI PADA JAMA’AH PENGAJIAN PAGI DI MASJID SABILURROSYAAD KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA (STUDI PADA JAMA’AH PENGAJIAN PAGI DI MASJID SABILURROSYAAD KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANAN KYAI DALAM MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP LANSIA (STUDI PADA JAMA’AH PENGAJIAN PAGI DI MASJID SABILURROSYAAD KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perangkat tingkah laku kyai dalam meningkatkan kebermaknaan hidup lansia pada jama’ah pengajian pagi di Masjid Sabilurrosyaad Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah ketiga kyai yang memberikan tausiyah pada pengajian pagi di Masjid Sabilurrosyaad dan tiga orang jama’ah yang sesuai kriteria dalam penelitian. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian di sini adalah peran dan metode kyai dalam meningkatkan kebermaknaan hidup lansia pada jama’ah pengajian pagi di Masjid Sabilurrosyaad Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul. . Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian di sini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat peran kyai dalam meningkatkan kebermaknaan hidup lansia, yaitu kyai sebagai pembimbing, kyai sebagai contoh, kyai sebagai motivator dan kyai sebagai penasehat. Sedangkan metode yang digunakan kyai adalah metode keteladanan dan metode nasehat. Kata kunci: Peran Kyai dan Kebermaknaan Hidup Lansia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Kyai dan Kebermaknaan Hidup Lansia
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:16
Last Modified: 02 Nov 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17753

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum