HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS ISLAM DENGAN KESEHATAN MENTAL LANSIA SEBAGAI HASIL DARI BIMBINGAN KEAGAMAAN (Studi pada Lansia di Pusaka Wahyu Teratai Pedukuhan Prenggan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul)

TSANIYATUL MUNIB, NIM. 11220067 (2015) HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS ISLAM DENGAN KESEHATAN MENTAL LANSIA SEBAGAI HASIL DARI BIMBINGAN KEAGAMAAN (Studi pada Lansia di Pusaka Wahyu Teratai Pedukuhan Prenggan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS ISLAM DENGAN KESEHATAN MENTAL LANSIA SEBAGAI HASIL DARI BIMBINGAN KEAGAMAAN (Studi pada Lansia di Pusaka Wahyu Teratai Pedukuhan Prenggan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS ISLAM DENGAN KESEHATAN MENTAL LANSIA SEBAGAI HASIL DARI BIMBINGAN KEAGAMAAN (Studi pada Lansia di Pusaka Wahyu Teratai Pedukuhan Prenggan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Religiusitas Islam dengan kesehatan mental lansia di Pusaka Wahyu Teratai Pedukuhan Prenggan, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul sebagai hasil dari bimbingan keagamaan di sana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif lapangan (field research). Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah populasi lansia berjumlah 68 orang. Alat pengambilan data menggunakan skala penghayatan agama dan kesehatan mental. Analisis data dengan menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson dengan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara penghayatan agama dengan kesehatan mental lansia yang memiliki koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0.875 dengan p = 0.000 (p < 0.01). Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi penghayatan agama maka semakin tinggi pula kesehatan mental. Sebaliknya semakin rendah penghayatan agama, maka semakin rendah kesehatan mental. Kata Kunci : Religiusitas Islam, Kesehatan Mental Lansia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas Islam, Kesehatan Mental Lansia
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:05
Last Modified: 27 Oct 2015 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum