STUDI ANALISIS PERILAKU COPING BAGI REMAJA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN DI RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER YOGYAKARTA

YOGI ABDUL AZIZ, NIM. 11220124 (2015) STUDI ANALISIS PERILAKU COPING BAGI REMAJA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN DI RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI ANALISIS PERILAKU COPING BAGI REMAJA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN DI RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI ANALISIS PERILAKU COPING BAGI REMAJA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN DI RIFKA ANNISA WOMEN’S CRISIS CENTER YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan tentang remaja perempuan dalam menangani kekerasan dalam pacaran yang dialaminya dengan menggunakan strategi coping. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentukbentuk strategi coping yang dilakukan, alasan klien menentukan perilaku coping dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan untuk mengetahui perilaku coping yang digunakan remaja perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam pacaran di Rifka Annisa Women’s Crisis Center Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun subyek pada penelitian ini 3 klien Rifka Annisa WCC Yogyakarta yang menjadi korban kekerasan dalam pacaran yaitu L, H dan R, ketiga-tiganya mendapatkan perlakukan kekerasan fisik, psikis, seksual dan ekonomi. Hasil penelitian dari bentuk stratgei Coping yang dilakukan ke tiga klien Rifka Annisa WCC Yogyakarata menunjukan bahwa strategi coping yang dilakukan ke tiga-tiganya menggunakan strategi Problem Focus Coping (PFC) dan Emotion Focused Coping (EFC) dalam menghadapi suatu masalah yang dihadapinya. Implementasinya sebagai brikut: yaitu meminta bantuan sosial terhadap teman sebaya, saudara, keluarga, lembaga (Rifka Annisa WCC Yogyakarta), dan lembaga hukum (kepolisian.) Akan tetapi hasil yang dilakukan ketiga subyek tersebut menunjukkan dua klien yaitu R dan H mengalami perubahan yang cukup signifikan dan yang satu yaitu L mengalami penurunan seperti pendiam, menutup diri, bahkan tidak mau keluar rumah. Kata kunci: Perilaku coping, remaja perempuan, korban kekerasan dalam pacaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Perilaku coping, remaja perempuan, korban kekerasan dalam pacaran
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Nov 2015 08:15
Last Modified: 11 Nov 2015 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum