PERAN KOPERASI WISATA MINA BAHARI 45 DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN: Studi Di Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul)

RODI, NIM. 11230038 (2015) PERAN KOPERASI WISATA MINA BAHARI 45 DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN: Studi Di Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KOPERASI WISATA MINA BAHARI 45 DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN: Studi Di Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul))
BAB II, III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KOPERASI WISATA MINA BAHARI 45 DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT NELAYAN: Studi Di Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakan masalah penelitian ini adalah Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau dan 81.000 Km garis pantai, dimana sekitar 70 % wilayah teritorialnya berupa laut. Dengan perairan laut seluas total 5,8 juta km. Indonesia menyimpan potensi sumber daya hayati dan nonhayati yang melimpah. Berdasarkan potensi yang dimiliki oleh Indonesia tersebut, maka menjadikan masyarakat indonesia banyak yang bekerja disektor nelayan. Namun para nelayan masih banyak berada dalam garis kemiskinan dan pendapatan mereka tidak pasti, sehingga mereka mempunyai kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Berdasarkan fenomena tersebut, maka perlu adanya peran suatu lembaga untuk membantu mengembangkan ekonomi nelayan. Salah satu lembaga tersebuat adalah Koperasi Wisata Mina Bahari 45. Di mana koperasi tersebut mempunyai peran dalam mengembangkan ekonomi masyarakat nelayan di Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Koperasi Wisata Mina Bahari 45 dalam pengembangan ekonomi masyarakat nelayan Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. (2) Bagaimana dampak yang dirasakan masyarakat nelayan terhadap Koperasi Wisata Mina Bahari 45. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peran Koperasi Mina Bahari 45 dalam pengembangan ekonomi masyarakat nelayan Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kabupaten Bantul. (2) Mendeskripsikan dampak yang dirasakan masyarakat nelayan terhadap Koperasi Mina Bahari dalam pengembangan ekonomi masyarakat nelayan Pantai Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Metode penelitian ini adalah diskiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpartisipan, dokumentasi dan wawancara secara bebas dan terpinpin, sedangkan tehnik penentuan informan mengunakan snowball. Hasil penilitian menunjukan bahwa (1) Peran Koperasi Wisata Mina Bahari 45 dalam pengembangan ekonomi masyarakat nelayan pantai depok yaitu meliputi: (a) Pemberian fasilitas pendidikan dan pelatihan di bidang organisasi dan manajemen koperasi, (b) Peran koperasi dalam permodalan dan (c) Peran koperasi dalam program kerja di bidang usaha. (2) Dmpak Koperasi Wisata Mina Bahari 45 terhadap masyarakat nelayan di pantai depok yaitu terpenuhnya fasilitas nelayan, dapat terpenuhinya kebutuhan hidup dan menghasilkan pendapatan. Kata kuncinya: peran koperasi, pengembangan ekonomi masyarakat nelayan. Kata Kunci: Peran Koperasi dalam Pengembangan Ekonomi, Masyarakat Nelayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Koperasi dalam Pengembangan Ekonomi, Masyarakat Nelayan.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2015 08:16
Last Modified: 02 Nov 2015 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum