PERAN PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT MENGENTASKAN KEMISKINAN PADA KELOMPOK TERNAK KAMBING DI KAMPUNG BUMEN WETAN, DUSUN GILANG, BANTUL, YOGYAKARTA

ROISATU MASRUROH, NIM. 11230055 (2015) PERAN PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT MENGENTASKAN KEMISKINAN PADA KELOMPOK TERNAK KAMBING DI KAMPUNG BUMEN WETAN, DUSUN GILANG, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT MENGENTASKAN KEMISKINAN PADA KELOMPOK TERNAK KAMBING DI KAMPUNG BUMEN WETAN, DUSUN GILANG, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT MENGENTASKAN KEMISKINAN PADA KELOMPOK TERNAK KAMBING DI KAMPUNG BUMEN WETAN, DUSUN GILANG, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan kondisi kualitas hidup yang rendah terhadap sumber-sumber pemenuhan kebutuhan manusia, diantaranya sandang, pangan, papan, pendidikan serta kesehatan . Fokus penelitian ini adalah bagaimana peran Pemerintah Kabupaten Bantul dalam meningkatkan perekonomian angota kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo dimana mereka adalah kelompok yang termasuk kelompok keluarga menengah miskin. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya peran Pemerintah Kabupaten Bantul dilihat dari peningkatan ekonomi anggota kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo. Dampak dari adanya proses pemberdayaan masyarakat miskin melalui program CDMK terhadap keadaan perekonomian di Dusun Mbumen Wetan, Desa Gilang, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran serta dampak terhadap masyarakat dari peran yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul melalui program CDMK di Dusun Mbumen Wetan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah. Data dalam penelitian ini adalah ketua CDMK selaku tangan kanan Pemerintah Kabupaten Bantul, pendamping TKSO, dan para anggota Kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa peran Pemerintah Kabupaten Bantul sebagai pendamping dalam peningkatan ekonomi anggota kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo adalah terdapat tiga peran dalam peningkatan ekonomi pertama, peran pendamping sebagai motivator yang memberikan semangat kepada anggota kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo agar terus bersemangat. Kedua, peran pendamping sebagai komunikator yang memberikan arahan yang jelas, pengantar inspirasi dari dinas terkait. Ketiga, peran pendamping sebagai fasilitator yang memberikan fasilitas untuk kebutuhan yang dibutuhkan kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo. Sedangkan dampak dari peningkatan perekonomian adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas kambing yang lebih produktif, partisipasi anggota kelompok, dan peningkatan ekonomi yang dimiliki anggota kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo. Kata kunci: Peran pemerintah, Kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo, Peningkatan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran pemerintah, Kelompok Ternak Kambing Gilang Mulyo, Peningkatan Ekonomi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2015 08:06
Last Modified: 30 Oct 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum