PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT SARI HUSADA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Studi Deskriptif Program Merapi Project di Dusun Plosokerep, Umbulharjo, Sleman

FITHRIA ALFI HASANAH, NIM. 10230047 (2015) PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT SARI HUSADA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Studi Deskriptif Program Merapi Project di Dusun Plosokerep, Umbulharjo, Sleman. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT SARI HUSADA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Studi Deskriptif Program Merapi Project di Dusun Plosokerep, Umbulharjo, Sleman)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (918kB) | Preview
[img] Text (PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT SARI HUSADA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Studi Deskriptif Program Merapi Project di Dusun Plosokerep, Umbulharjo, Sleman)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan implementasi CSR PT. Sarihusada, dan peran CSR PT. Sarihusada dalam pemberdayaan masyarakat melalui program Merapi Project sebagai bentuk pelaksanaan tanggungjawab sosial atau Corporate Social Responsibility terhadap masyarakat yang menjadi korban erupsi Merapi pada tahun 2010 silam. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai penambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan membantu para praktisi CSR dalam pelaksanaan program yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dengan mengambil objek penelitian yaitu pelaksanaan program pemberdayaan Merapi Project di Dusun Plosokerep, Umbulharjo, Sleman. Subyek dari penelitian ini yaitu orangorang yang terlibat langsung dalam pelaksanaan program dan masyarakat anggota Merapi Project. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya dengan menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan mengumpulkan semua data dan informasi, mereduksi data, kemudian menyajikan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: konsep CSR yang dilaksanakan oleh PT. Sarihusada berlandaskan pada prinsip CSR perusahaan yaitu People, planet dan profit. Ketiga landasan tersebut kemudian mengklasisifikasikan jenis program CSR menjadi tiga pilar utama, yaitu gizi dan kesehatan, pendidikan, serta pemberdayaan ekonomi perempuan. Kemudian implementasi program CSR dilaksanakan dengan mixed type, yaitu selain perusahaan melaksanakan secara mandiri program-programnya, perusahaan juga melakukan program kemitraan yang bekerjasama dengan berbagai pihak diluar perusahaan. Peran yang dilakukan CSR PT. Sarihusada dalam pelaksanaan CSRnya yaitu 1. Peran fasilitatif meliputi peran animasi sosial, mediasi dan negosiasi, pemberi dukungan, fasilitasi kelempok, pemanfaatan sumber daya dan ketrampilan, serta mengorganisasi. 2. Peran Edukasi, meliputi peran membangkirkan kesadaran masyarakat, dan pelatihan-pelatihan. 3. Peran Perwakilan, meliputi peran mencari sumber daya, advokasi, memanfaatkan media, dan mengembangkan jaringan. 4. Peran teknis, meiputi mengumpulkan dan menganalisis data, penggunaan koputer, dan pengelolaan program. Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Peran CSR, Sarihusada, Merapi Project

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Afif Rifai, M.S
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Peran CSR, Sarihusada, Merapi Project
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Oct 2015 14:34
Last Modified: 28 Oct 2015 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17783

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum