PESAN KEUTAMAAN SALAT PADA SERI KOMIK ISLAMI “MUSLIM UNITED” KARYA TONY HERNANTO (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE)

RATNA SARI RAHMAYANTI, NIM. 11210071 (2015) PESAN KEUTAMAAN SALAT PADA SERI KOMIK ISLAMI “MUSLIM UNITED” KARYA TONY HERNANTO (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN KEUTAMAAN SALAT PADA SERI KOMIK ISLAMI “MUSLIM UNITED” KARYA TONY HERNANTO (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE))
11210071_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PESAN KEUTAMAAN SALAT PADA SERI KOMIK ISLAMI “MUSLIM UNITED” KARYA TONY HERNANTO (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE))
11210071_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ratna Sari Rahmayanti, 11210071, 2015. Skripsi: Pesan Keutamaan Salat Pada Seri Komik Islami Muslim United Karya Tony Hernanto (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dakwah harus selalu dilakukan dan ditingkatkan karena manusia adalah makhluk berfikir dan makhluk beragama, sehingga dakwah mutlak diperlukan dalam kehidupan manusia. Manusia bukanlah makhluk yang sempurna, karena manusia dapat lupa dan khilaf. Da’i harus lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan media-media dakwah. Hal ini bertujuan agar pesan-pesan dakwah yang disampaikan da’i dapat diterima dengan mudah oleh para mad’u. Salah satu kreatifitas dan inovasinya adalah menggunakan komik sebagai media dakwah. Allah SWT menjanjikan kemenangan bagi orang-orang beriman yang khusyuk dalam salatnya. Kekuatan salat sangat luar biasa, hingga menjadi amalan pertama yang akan dihitung di hari perhitungan. Apabila amalan salat seseorang baik, maka amalan lainnya akan baik pula. Namun faktanya, banyak kaum muslimin yang tidak melaksanakan salat meskipun pernah mengucap dua kalimat syahadat. Mereka menghiraukan suara azan yang menandakan masuknya waktu salat. Mereka lebih mementingkan pekerjaan, kesenangan duniawi, bahkan beristirahat daripada melaksanakan salat. Peneliti merumuskan masalah pada jenis tanda apa saja yang menjadi representamen keutamaan salat pada seri komik islami Muslim United karya Tony Hernanto? Bagaimana makna tanda keutamaan salat pada komik tersebut? Peneliti menggunakan teori pesan, keutamaan salat dan pesan pada komik. Penelitian ini dilakukan dengan analisis semiotik model Charles Sanders Peirce. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitiannya adalah keutamaan salat yang digambarkan dalam cerita pada komik Muslim United. Teknik pengumpulan data dengan tektik dokumentasi, dari sumber data utama berupa buku komik Muslim United. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat tiga tanda yang menjadi representamen keutamaan salat, yaitu Ikon, Indeks, dan Simbol. Terdapat sembilan poin keutamaan salat yaitu: 1) Salat adalah perkara agama Islam yang paling penting, 2) Salat adalah perintah yang datang langsung dari Allah SWT, 3) Salat adalah wasiat terakhir dari Nabi Muhammad SAW, 4) Salat adalah awal dan akhir Islam, serta amal yang dihisab pertama kali di hari kiamat, 5) Salat merupakan bukti keimanan, 6) Salat mencegah perbuatan keji dan mungkar, 7) Salat wajib dikerjakan oleh semua umat Islam, 8) Meninggalkan salat lima waktu dengan sengaja adalah dosa, 9) Salat adalah suatu identitas. Maka komik Muslim United ini dapat menjadi media dakwah islamiyah karena mengandung pesan keutamaan salat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saptoni, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pesan, Keutamaan Salat, Komik, Analisis Semiotik.
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:13
Last Modified: 19 Oct 2015 12:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17794

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum