LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL PADA SISWA KELAS II MTS NEGERI GIRILOYO IMOGIRI BANTUL

JAZIM FAUZI - NIM. 01220463 , (2009) LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL PADA SISWA KELAS II MTS NEGERI GIRILOYO IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL PADA SISWA KELAS II MTS NEGERI GIRILOYO IMOGIRI BANTUL)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL PADA SISWA KELAS II MTS NEGERI GIRILOYO IMOGIRI BANTUL)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)

Abstract

Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial sebagai bagian dari layanan bimbingan dan konseling menempati bidang pelayanan siswa dalam keseluruhan proses dan kegiatan pendidikan. Dalam hubungan ini, bimbingan berfungsi sebagai pemberi layanan kepada siswa agar siswa dapat berkembang menjadi pribadi yang mandiri secara optimal. Namun sampai saat ini, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling belum dapat terlaksana secara optimal diseluruh sekolah. Sadar akan masalah ini, Guru Pembimbing di MTs Negeri Giriloyo Imogiri Bantul berusaha menjaga anak didiknya selalu dalam binaan dan penjagaan agar terhindar hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku. Guru Pembimbing pada sekolah tersebut menerapkan layanan bimbingan Pribadi-sosial sebagai upaya mengatasi dan mengantisipasi akan masalah tersebut. Berangkat dari latar belakang masalah di atas, peneliti mengajukan pertanyaan sebagai rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial pada siswa kelas II MTs. Negeri Giriloyo Imogiri Bantul ? Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif peneliti memperoleh penemuan sebagai berikut: bahwa layanan bimbingan pribadi-sosial di MTs. Negeri Giriloyo Imogiri Bantul terdiri dari tiga layanan yaitu: layanan bimbingan secara klasikal, secara kelompok, dan secara perseorangan selanjutnya materi yang disampaikan didesuaikan dengan ketiga layanan tersebut serta menerapkan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan keteladanan. Praktek layanan bimbingan pribadi-sosial tersebut cukup berhasil. Yaitu aktifitas siswa berkaitan dengan hal-hal yang bertentangan dengan norma yang berlaku sudah tereliminir menuju pada akhlakul karimah. Harapannya, penelitian ini dapat memberikan sumbangan berharga bagi Guru Pembimbing pada suatu sekolah untuk memperdalam kajian tentang pengelolaan kegiatan bimbingan pribadi-sosial pada permasalahan yang sama sekaligus dapat memberikan kontribusi nyata bagi MTs Negeri Giriloyo Imogiri Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DRS. ABDULLAH, M.SI
Uncontrolled Keywords: bimbingan dan konseling, proses dan kegiatan pendidikan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 19 Jul 2012 09:35
Last Modified: 29 Dec 2016 02:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item