NILAI-NILAI AKHLAK DALAM SERI KOMIK ISLAMI BERJUDUL “DUNIA SEMENTARA TERTAWALAH SEPERLUNYA” (ANALISIS SEMIOTIK)

RAISA MAYA AGUSTIN, NIM. 11210129 (2015) NILAI-NILAI AKHLAK DALAM SERI KOMIK ISLAMI BERJUDUL “DUNIA SEMENTARA TERTAWALAH SEPERLUNYA” (ANALISIS SEMIOTIK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI AKHLAK DALAM SERI KOMIK ISLAMI BERJUDUL “DUNIA SEMENTARA TERTAWALAH SEPERLUNYA” (ANALISIS SEMIOTIK))
11210129_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI AKHLAK DALAM SERI KOMIK ISLAMI BERJUDUL “DUNIA SEMENTARA TERTAWALAH SEPERLUNYA” (ANALISIS SEMIOTIK))
11210129_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Raisa Maya Agustin, 1121029. Skripsi: Nilai-Nilai Akhlak dalam Seri Komik Islami Berjudul Dunia Sementara Tertawalah Seperlunya (Analisis Semiotik). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. Komik adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan keagamaan. Seri Komik Islami Dunia Sementara Tertawalah Seperlunya adalah komik kompilasi yang mengemas pesan keagamaan, khususnya pesan tentang akhlak. Pesan tersebut dikemas dengan bahasa ringan dan humor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam seri komik Islami “Dunia Sementara, Tertawalah Seperlunya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi kualitatif. Analisis data menggunakan semiotika model Charles Sanders Peirce yang berfokus pada klasifikasi tipologi tanda dan triangle of meaning untuk menganalisis isi dari subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Hasil penelitian dalam komik ini memuat 5 nilai akhlak, yaitu akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap Rasulullah saw, akhlak pribadi, akhlak dalam keluarga, dan akhlak bermasyarakat. (1) Nilai akhlak terhadap Allah SWT ditunjukkan dengan bertakwa pada Allah SWT. (2) Nilai akhlak terhadap Rasulullah saw ditunjukkan dengan mencintai dan memuliakan Rasulullah saw. (3) Nilai akhlak pribadi ditunjukkan dengan syaja’ah dan pemaaf. (4) Nilai akhlak dalam keluarga ditunjukkan dengan sikap saling berbagi kasih dan cinta, saling bergaul antara istri dan suami dengan baik. (5) Nilai akhlak dalam ditunjukkan dengan sikap saling menolong (ta’awun), bertamu dan menerima tamu dengan baik, dan menjawab salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Mohammad Zamroni, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Nilai Akhlak, Komik Kompilasi, Semiotika
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Oct 2015 05:23
Last Modified: 19 Oct 2015 05:23
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/17801

Actions (login required)

View Item View Item