TOBAT TOKOH JEFRI DALAM FILM HIJRAH CINTA (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE)

NASIHATUN TOYIBAH, NIM. 11210137 (2015) TOBAT TOKOH JEFRI DALAM FILM HIJRAH CINTA (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TOBAT TOKOH JEFRI DALAM FILM HIJRAH CINTA (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE))
11210137_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TOBAT TOKOH JEFRI DALAM FILM HIJRAH CINTA (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE))
11210137_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul Tobat Tokoh Jefri dalam Film Hijrah Cinta, diangkat dari kisah nyata kehidupan Almarhum Ustad Jefri Al Bukhori, disutradarai oleh Indra Gunawan dengan di dampingi sutradara Hanung Bramantyo, diproduksi oleh Multivision Plus. Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup dan proses tobat tokoh Jefri dari sebelum menjadi dai dengan kehidupanya yang penuh maksiat, hingga menjadi seorang dai yang terus memperbaiki diri. Film ini dapat menginspirasi masyarakat Indonesia dengan rekonstruksi pesan tobat yang disampaikan oleh tokoh utama yaitu Jefri di dalamnya, agar masyarakat lebih memiliki sifat religius selain itu film inipun banyak memberikan makna hidup. Tujuan Peneliti ingin mengetahui gambaran tobat tokoh Jefri dalam film hijrah cinta dengan menggunakan analisis Charles Sanders Pierce. Rumusan masalah penelitian bagaimana gambaran tobat tokoh Jefri dalam film Hijrah Cinta dilihat melalui analisis semiotic Charles Sanders Pierce?. Tujuannya untuk mengetahui tobat yang digambarkan oleh tokoh Jefri dan tepat atau tidaknya analisis Charles Sander Pierce dalam penelitian tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian Film Hijrah Cinta. Obyek penelitian gambaran tobat tokoh Jefri. Analisis data yang digunakan adalah analisis semiotic Charles Sanders Pierce. Data dianalisis dengan menggunakan konsep tanda yang membagi tanda menjadi tiga kategori ikon, indeks, symbol, serta dengan menggunakan konsep triangle meaning. Dari hasil pemaknaan tanda-tanda tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ikon, indeks, symbol saling terkait. Kesimpulanya bahwa peneliti menemukan gambaran tobat tokoh Jefri melalui scene-scene, baik berupa tanda visual dengan melihat type of shot, pencahayaan dan angel camera, maupun tanda verbal baik berupa dialog atau backsound yang di gunakan, pada tokoh Jefri dalam Film Hijrah Cinta, yang dianalisis dari lima indicator yaitu Bergaul dengan orang-orang yang sholeh pada scene 1,2,dan 3. Menjadi lebih baik setelah bertobat pada scene 4,5, dan 6. Menjauhi perbuatan dosa dan lebih taat terdapat pada scene 7,8,dan 9. Takut kepada Allah hati dan dirinya cenderung ke akhirat terdapat pada scene 10,11, dan 12. Hatinya terjaga dari kelalaian mengingat Allah terdapat pada scene 13,14 dan 15.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.H. Akhmad Rifa’i, M. Phil.
Uncontrolled Keywords: Semiotik Charles Sanders Pierce, Tobat, Film.
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Oct 2015 12:27
Last Modified: 01 Aug 2023 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17804

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum