PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSVMEN DALAM JUAL BELl MAKANAN KEMASAN Dl TOSERBA DAN SWALAYAN "KR. SANTRI" MUNTlLAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

DITA ANGGERJNA PRAMESTI, 02381428 (2007) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN KONSVMEN DALAM JUAL BELl MAKANAN KEMASAN Dl TOSERBA DAN SWALAYAN "KR. SANTRI" MUNTlLAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNANKALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V , DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang be!,ritu pesat dewasa ini telah melahirkan beragam produk makanan dalam kemasan. Kemasan adalah pembungkus luar produk yang berfungsi melindungi produk, memudahkan konsumen dalam pemakaian, menaikkan citra produk atau bahkan sekaligus dapat dijadikan alat promosi ketika produk tersebut dilemparkan ke pasaran. Namun, banyak penyalahgunaan yang dilakukan berupa menjual produk tidak sesuai dengan label pada kemasan atau menjual produk yang sudah tidak layak konsumsi seperti yang sering terjadi pada produk yang berupa makanan dan minuman kemasan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kecurang~ yang dilakukan pelaku usaha. Hal ini sering tetjadi di berbagai toko di Indonesia, baik itu di toko yang berskala kecil maupun toko yang berskala besar seperti swalayan. Oiantaranya adalah Toserba dan Swalayan KR. Santri yang terletak di Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Atas Jatar belakang ini, timbullah berbagai permasalahan yang perlu dikaji kaitannya dengan makanan kemasan dan pihak yang menjual makanan tersebut. Adapun masalah yang dikaji adalah bagaimana transasksi jual beli yang ada di Toserba dan Swalayan KR. Santri dan bagaimana pula pelaksanaan perlindungan konsumen dalam jual beli makanan kemasan di Toserba dan Swalayan K.R. Santri Muntilan serta pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam pene1itian ini adalah penelitian lapangan (field research), sifat penelitiannya adalah preskriptif-analitik. Ada pun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa interview, observasi dan kuesioner untuk mengetahui fakta sesungguhnya yang tetjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transaksi jual beli makanan kemasan dan upaya perlindungan konsurnen yang diberikan pihak Toserba dan Swalayan KR. Santri sudah sesuai dengan hukum Islam. Hal ini bisa diungkapkan karena dalam menyikapi makanan kemasan yang sudah tidak layak jual pihak KR. Santri selalu mengedepankan kepuasan konsumen dengan upaya mengganti barang yang baru atau mengembalikan uang penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: makanan, muntilan, kemasan, KR. Santri
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Oct 2015 08:49
Last Modified: 19 Oct 2015 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17812

Actions (login required)

View Item View Item