TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGAMBILAN KEUNTUNGAN DALAM BISNIS FOTOGRAFI MUSIMAN (STUD I KASUS P ADA "DEVILLA FOTO" YOGY AKART A)

HAMDI, 01380793 (2007) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGAMBILAN KEUNTUNGAN DALAM BISNIS FOTOGRAFI MUSIMAN (STUD I KASUS P ADA "DEVILLA FOTO" YOGY AKART A). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Judul yang dibahas dalam skripsi ini adalah "Tinjauan. Hukum Islam T erhadap Pengambilan Keuntungan Dalam Bisnis Fotografi Musililan (Studi Kasus Pada "Devilla. Foto" Yogyakarta)" Fotogra.fi musiman yang dimaksud dalam skripsi ini adalah usaha atau bisnis yang dijalanakan oleh para fotografer ketika ada moment-moment tertentu misalnya moment wisuda, acara perpisahan sekolah, dan sebagainya Di Yogyakarta. khususnya perkembangan bisnis potogarafi musiman sangat pesat, karena bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan yang besar, walaupun d.idalamnya terdapat resiko yang besar pula Praktek pengambilan keuntungan dari bisnis fotografi musiman yang d.ilakukan oleh Devilla Foto dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya; segmen pasar dan moment (event) yang berlangsung pada wak:tu tertentu. Dan dalam pelaksanaannya, usaha ini lebih mengedepank.an aspek "elastisitas harga dan keuntungan" dalam rangka memberikan kemudahan kepada para konswnen disamping untuk kelangsungan bisnis fotografi musiman. Sebagai dasar pijak dalam pembahasan skripsi ini dipergunakan kerangka teori yaitu "kemaslahatan" yang sifatnya umum (universal) bukan kemaslahatan yang khusus untuk perseorangan, artinya bahwa da.lam kaitannya dengan pembentukan hukum atas suatu kejadian/ masalah dapat melahirkan kemanfaatan bagi kebanyakan wnat manusia yang benar dan terwujud atau bisa menolak madharat. Disamping itu kebolehan untuk mengambil keuntungan dari bisnis fotografi musiman berdasarkan teori tentang "elastisitas penawamn'' menunrt AlGhazali dan juga Ibnu Khaldun yang menyatakan bahwa "keuntungan yang wajar akan mendorong tumbuhnya perdagangan, sedangkan keuntungan yang sangat rendah akan membuat lesu perdagangan, karena pedagang kehilangn motivasi. Sebaliknya, bila pedagang mengambil keuntungan sangat tinggi, juga akan membuat lesu perdagangan karena lemahnya permintaan konsumen." Untuk memperoleh data yang actual, penyusun melakukan penelitian lapangan (observasi) secara langsung, d.isamping mengadakan kajian pustaka. Selanjutnya untuk lebih terarahnya pembahasan ini, penyusun mempergunakan pendekatan normatif-sosiologis, yaitu sejauh mana persoalan ini baik atau buruk menurut agama serta dik.aitkan dengan bagaimana kondisi sosio-kultural masyarakat dimana hukum Islam ini diberlakukan. Kesimpulan yang diperoleh penyusun dalam s.kripsi ini adalah bahwa pelaksanaan bisnis fotografi musiman yang dilakukan oleh Devilla Foto menurut kaca mata hukwn Islam dipandang sah atau boleh-boleh saja. Karena ada kesesuaian antara ketentuan .. ketentuan dalam konsep jual beli, baik ditinjau dari segi akad, syarat, penyelesaian resiko serta kidah etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: defilla foto, fotografi, musiman
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Oct 2015 00:57
Last Modified: 20 Oct 2015 00:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17817

Actions (login required)

View Item View Item