TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DALAM BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) SY ARIAH CABANG YOGYAKARTA)

HARY SUWANDI, 03380416 (2007) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DALAM BANK SYARIAH (STUDI KASUS DI BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) SY ARIAH CABANG YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (29MB)

Abstract

Perbankan sebagai salah satu lembaga kcuangan mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan suatu negara. Peran strategis bank tersebut terutarna disebabkan oleh fungsi utama bank sebagai lembaga yang dapat mcnghimpun dan menyalurkan dana masyarakat secara efektif dan efisien tennasuk perbankan syariah di dalamnya. Kegiatan usaha yang mempergunakan dana publik atau ikut dalam pengelolaan dana publik oleh pemerintah dijadikan sebagai prioritas dari pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG). GCG dapat diartikan sebagai suatu struktur, sistem dan proses yang mengatur arah dan kinerja sebuah perusahaan. Oleh karena itu, sudah sepatutnyalah jika sebuah institusi perbankan ingin maju dan berkembang harus melaksanakan GCG ini dalam setiap organ perusahaannya. Pada perbankan syariah persoalan corporate governance sedikit berbeda dengan corporate governance dalam bank konvensional karena bank syariah mempunyai kewajiban untuk menaati seperangkat peraturan yang bcrbeda yaitu hukwn syariat dan pada umumnya mengikuti harapan kaum muslim dengan memberikan modal kemitraan berdasarkan profit and loss sharing atau cara-cara pcmbiayaan lain yang dibenarkan oleh syariat Dalam skripsi ini penyusun mencoba menjajagi penerapan GCG di bank syariah, tepatnya di BRI Syariah Cabang Y ogyakarta. Dalam skripsi ini penyusun akan melakukan penelitian tentang pelaksanaan prinsip-prinsip GCG yang mencakup aspek fairness. transparancy, accountability, responsibility dan independency pada BRI Syariah Cabang Yogyakarta dan penyusun juga akan mcninjau pelaksanaan tersebut dilihat dari hukum Islam. Jenis penelitian skripsi ini adalahfield research atau penelitian lapangan, dengan tekhnik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang penyusun gunakan adalah yuridis nonnatif, sehingga dengan pendekatan tersebut diharapkan penyusun memperoleh basil penelitian yang sesuai dengan tinjauan hukum Islam. llerdasarkan metode yang digunakan, maka dapat diketahui bahwa jauh sebelum masyarakat modem mengenal GCG, Islam telah menyediakan "materimateri" bagi terbentuknya GCG. Hal ini penyusun buktikan dalam analisis prinsip-prinsip GCG dengan menggunakan kaca mala hukum Islam. BRI Syariah Cabang Y ogyakarta telah melaksanakan prinsip-prinsip GCG terse but dengan cukup baik dalam tata kelola perusahaannya, dengan tanpa meninggalkan identitasnya sebagai sebuah lembaga keuangan syariah. Selanjutnya dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan prinsip-prinsip GCG oleh BRl Syariah Cabang Y ogyakarta telah sesuai dengan hukum Islam, lebih spesifik lagi telah sesuai dengan etika ekonorni yang terkandung dalam nilai-nilai hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GCG, bank, syariah, hukum islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Oct 2015 08:26
Last Modified: 20 Oct 2015 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item View Item