PENGARUH RENTENIR TERHADAP KESEJAHTRAAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL : STUDI DI PASAR LEGI BUGISAN YOGYAKARTA

DENI INSAN KAMIL, NIM. 08230019 (2015) PENGARUH RENTENIR TERHADAP KESEJAHTRAAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL : STUDI DI PASAR LEGI BUGISAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RENTENIR TERHADAP KESEJAHTRAAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL : STUDI DI PASAR LEGI BUGISAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RENTENIR TERHADAP KESEJAHTRAAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL : STUDI DI PASAR LEGI BUGISAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rentenir dan pedagang pasar memiliki tujuan penting dalam menjalankan bisnisnya yaitu mendapatkan keuntungan yang tinggi. Rentenir memberikan suku bunga yang tinggi dalam setiap peminjaman uang untuk memperoleh profit yang banyak, sedangkan pedagang pasar melakukan peminjaman uang kepada rentenir bertujuan untuk menunjang segala kebutuhan dasar keluarga dan menjadikannya uang modal untuk memperluas bisnis berdagangnya. Rentenir adalah langkah alternatif bagi pedagang pasar untuk mendapatkan peminjaman uang dengan mudah dan cepat. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data primer melalui observasi dan melakukan wawancara secara bertahap, sedangkan pengumpulan data sekunder peneliti memperolehnya dari buku, artikel, dan sumber internet. Dalam hal teknik analisis, penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh rentenir terhadap kesejahteraan pedagang pasar, serta memperoleh jawaban akan faktor-faktor yang menyebabkan pedagang pasar memilih rentenir sebagai langkah untuk melakukan peminjaman uang. Hasil penelitian menenjukkan bahwa rentenir di pasar Legi Yogyakarta memiliki pengaruh terhadap kondisi kesejahteraan para pedagang pasar. Partisipasi rentenir dengan peminjaman uang berfungsi untuk menutup segala kekurangan kebutuhan para pedagang. Bisa dikatakan bahwa, meskipun rentenir memberikan bunga yang tinggi, akan tetapi mereka sedikit lebih membantu untuk mencukupi kondisi keuangan tersebut. Adanya uang sebagai alat pembayaran bisa dijadikan pedagang sebagi suatu hal yang dapat mengubah kondisi kesejahteraan mereka. Kata Kunci: pedagang pasar, rentenir, kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos. M.Si.
Uncontrolled Keywords: pedagang pasar, rentenir, kesejahteraan.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:06
Last Modified: 27 Oct 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum