PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PETERNAKAN TERPADU OLEH KELOMPOK TERNAK SAPI NGUDI RAHARJO DI WONOTAWANG RT 10, DUSUN NGENTAK, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA

BADRUS, NIM. 08230007 (2015) PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PETERNAKAN TERPADU OLEH KELOMPOK TERNAK SAPI NGUDI RAHARJO DI WONOTAWANG RT 10, DUSUN NGENTAK, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PETERNAKAN TERPADU OLEH KELOMPOK TERNAK SAPI NGUDI RAHARJO DI WONOTAWANG RT 10, DUSUN NGENTAK, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PETERNAKAN TERPADU OLEH KELOMPOK TERNAK SAPI NGUDI RAHARJO DI WONOTAWANG RT 10, DUSUN NGENTAK, BANGUNJIWO, KASIHAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Kondisi perekonomian bangsa Indonesia yang semakin tidak menentu membuat perekonomian bangsa ini semakin menurun. Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan dinegeri ini masih jauh dari harapan. Kebanyakan orang berkeinginan bekerja di sektor- sektor formal, sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia tidak mencukupi untuk menampung masyarakat usia kerja,sehingga pengangguran tidak bisa terelak dari negeri ini. Kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa yang mampu untuk mencukupi kebutuhan keluarga adalah bekerja disektor formal sehingga mereka enggan untuk berwirausaha, karena mereka beranggapan berwiraswasta membutuhkan modal yang tinggi dan takut tidak bisa mengembalikan modal, sedangkan kalau bekerja di perusahaan mereka cukup mengandalkan keahlian dan tenaga. Untuk meningkatkan usaha kecil dan menengah pemerintah telah memberikan kredit kepada masyarakat seperti KUR (Kridit Usaha Rakyat), dan juga bantuan-bantuan lainnya. Pemerintah sudah berupaya mengurangi pengangguran dengan memberikan bantuan modal kepada masyarakat, serta pendampingan-pendampingan sehingga dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak bergantung bekerja disektor-sektor formal saja. Sebenarnya banyak cara untuk mengurangi pengangguran melalui sektor informal, salah satunya dengan cara beternak sapi, seperti yang dilakukan kelompok ternak sapi Ngudi Raharjo di kampung Wonotawang, dusun Ngentak desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Beternak sapi bisa dijadikan pekerjaan pokok ataupun sampingan, terutama di pedesaan karena diwilayah pedesaan masih tersedia lahan yang luas. Kebutuhan protein yang berasal dari daging sapi potong di indonesia sangatlan tinggi sehingga harus mengimpor dari negara lain karena sapi potong dalan negeri belum bisa mencukupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Fajrul Munawir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: ekonomi masyarakat
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Oct 2015 08:05
Last Modified: 27 Oct 2015 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17823

Actions (login required)

View Item View Item