PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP ORANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS (OCB) KARYAWAN AMARTANI GROOUP YOGYAKARTA

ANDI MULIADI, 0039002 (2007) PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP ORANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS (OCB) KARYAWAN AMARTANI GROOUP YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP ORANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS (OCB) KARYAWAN AMARTANI GROOUP YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEPRIBADIAN TERHADAP ORANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIORS (OCB) KARYAWAN AMARTANI GROOUP YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Organizational citizenship behaviors (OCB) merupakan perilaku karyawan melebihi atau diatas yang disyaratkan oleh peran dalam organisasi. Dalam kaitannya dengan kinerja, OCB dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas oganisasi dengan memberikan kontribusi terhadap transfonnasi sumber daya, inovasi, dan produktifitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara parsial dan simultan antara variabel kepribadian yang terdiri dari internal locus of cuntrol, ehternal locus of control, machiavellianisme, self-esteem (penghargaan diri), dan self-monitoring (pemantauan diri) terhadap organizational citizenship behaviors (OCB) karyawan Amratani Group Yogyakarta. Penelitian ini merupak.an penelitian lapangan, dengan fokus penelitian pada karyawan Amratani pusat. Sampel pada penelitian ini bei:jumlah 46 karyawan yang berstatus pegawai kontrak. Mctode pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner), dan untuk menganalisa data yang diperoleh dari lapangan menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis secara parsial hanya variabeI ehternal locus of control (X2) yang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Variabel machiavellianisme (X3) meskipun berpengaruh terhadap Y, namun pengaruhnya tidak signifikan dan negatif. Tiga variabel lainnya, internal locus of conlrol (X1) , penghargaan diri (X4), dan pemantauan diri (X5) , tidak berpengaruh terhadap OCB karyawan Amratani Group Yogyakarta. Secara simultan, variabel kepribadian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap OCB, yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung yang lebih besar dari F1abe1 ( 13,041 >2,449), dengan taraf signifikansi (0,000<0,05). Besamya sumbangan variabcl kepribadian secara simultan terhadap OCB ditunjukkan oleh nilai R2 sebesar 0.620 atau 62%. Yariabel kepribadian yang mempunyai pengaruh dominan terhadap OCB Karyawan Amratani Group adalah eksternal locus uf control (X2).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. SYAFIQ M. HANAFI, S.Ag.,M.Ag
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Oct 2015 10:45
Last Modified: 20 Oct 2015 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17854

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum