PENGARUH CD PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

ISTIATUN AYUNING THYAS PRAJAKA, NIM. 09670043 (2015) PENGARUH CD PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH CD PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT)
09670043_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH CD PEMBELAJARAN KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT)
09670043_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan CD pembelajaran kimia karya Muhammad Fathur Rozi materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas XE sebagai kelas eksperimen dan kelas XF sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan CD pembelajaran kimia karya Muhammad Fathur Rozi khususnya pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan CD pembelajaran dari pustekom. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan skala motivasi dengan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari soal pretes dan postes, lembar observasi serta lembar skala motivasi. Ada pun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t dan anova satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CD pembelajaran kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik. Hal ini berdasarkan analisis menggunakan uji t dan uji F antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji t untuk motivasi diperoleh thitung (4,822) > ttabel (2,000). Hasil uji t untuk hasil belajar diperoleh thitung (4,717) > ttabel (2,000). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi dan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya, berdasarkan uji F untuk motivasi diperoleh Fhitung (23,250) > Ftabel (3,98) Fhitung (23,250) > Ftabel (3,98). Hasil uji F untuk hasil belajar diperoleh Fhitung (22,254) > Ftabel (3,98). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan CD pembelajaran kimia karya Muhammad Fathur Rozi materi larutan elektrolit dan nonelektrolit memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: eksperimen semu, CD pembelajaran kimia, motivasi belajar,hasil belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 04:07
Last Modified: 20 Oct 2015 04:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17861

Actions (login required)

View Item View Item