KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MEMBENTUK ETOS KERJA SANTRI (STUDI KASUS DI BADAN USAHA MILIK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN GEBANG PURWOREJO JAWA TENGAH)

ILYAS ARIEF PURWANTO, NIM. 11240059 (2015) KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MEMBENTUK ETOS KERJA SANTRI (STUDI KASUS DI BADAN USAHA MILIK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN GEBANG PURWOREJO JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MEMBENTUK ETOS KERJA SANTRI (STUDI KASUS DI BADAN USAHA MILIK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN GEBANG PURWOREJO JAWA TENGAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MEMBENTUK ETOS KERJA SANTRI (STUDI KASUS DI BADAN USAHA MILIK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN GEBANG PURWOREJO JAWA TENGAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kepemimpinan kiai dalam membentuk etos kerja santri, strategi kiai dalam membentuk etos kerja, dan peran kiai dalam mengkonstruk etos kerja santri di Badan Usaha Milik Pesantren An-Nawawi Berjan Gebang Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kiai, pengurus, dan santri pengelola Badan Usaha Milik Pesantren An- Nawawi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah deskriptif kualitatif dan menyajikan sesuai kejadian di lapangan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik penggumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kepemimpinan kiai dalam membentuk etos kerja santri terlihat dalam peran kiai sebagai pembimbing, pengarah, motivator, uswatun hasanah dan sebagai mursyid yang diiplementasikan dalam fungsi-fungsi kepemimpinannya (2) strategi kiai berbentuk perhatian yaitu du’atul hasanah, mau’izatul hasanah, uswatun hasanah, dan tatbiqul hasanah yang menjadi ciri khas lembaga pendidikan pesantren (3) konstruk etos kerja santri Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Gebang Purworejo terbentuk dari nilai-nilai Islam dan etika sosial yang ditransformasikan oleh kiai melalui perannya yang nantinya menghasilkan nilai-nilai dasar dalam membentuk etos kerja santri. Kata kunci: Kepemimpinan Kiai dan Etos Kerja Santri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kiai dan Etos Kerja Santri
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Oct 2015 08:24
Last Modified: 29 Oct 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum