ANALISIS MINAT KONSUMEN MEMILIH PRODUK SHAR-E PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA

DWI RATIH KHOLISAH, 02391656 (2007) ANALISIS MINAT KONSUMEN MEMILIH PRODUK SHAR-E PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MINAT KONSUMEN MEMILIH PRODUK SHAR-E PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MINAT KONSUMEN MEMILIH PRODUK SHAR-E PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini menerapkan konsep Martin Fishbein dan leek Ajzen dalam teori Reasoned Action, yang bertujuan untuk menganalisis minat konsumen terhadap produk Shar-E pada Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Yogyakarta. Produk Shar-E merupakan produk unggulan yang inovatif dari Bank yang merupakan pelopor berdirinya Bank Syari'ah di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah konsumen pemilik kartu Shar-E yang berada di wilayah Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini dibangun dengan paradigma berfikir bagaimana pengaruh dari sikap konsumen dan norma subyektif terhadap minat konsumen dalam memilih produk Shar-E baik secara parsial maupun bersama-sama dan atribut mana yang paling dominan mempengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut. Selain analisis dengan menggunakan model persamaan matematika dalam teori terse but, dilakukan j uga pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sikap konsumen jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai norma subjektif yaitu 131, 77 : 109, 70 dengan bobot 53 : 54, basil peritungan ini menunjukkan bahwa sikap konsumen dan norma subyektif memiliki nilai yang positif sehingga menghasilkan minat konsumen yang positif pula yaitu sebesar 129,08. Sedangkan untuk mengetabui pengaruh variabel terhadap minat konsumen adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan uji signifikansi t dan F. Dimana basil analisis adalah sebagai berikut, Variabel sikap konsumen, dengan koefisien sebesar 0,53 dan tingkat signifikansi 0,000 dinyatakan signifikan dan bemilai positif. Variabel Norma subyektif dengan koefisien sebesar 0,54 dan tingkat signifikansi 0,000 dinyatakan signifikan dan bemilai positif. Hasil penelitian ini berarti bahwa secara parsial sikap konsumen dan norma subyektif berpengaruh terhadap minat konsumen. Sedangkan pengaruh variabel independen secara simultan, nilai F hitung sebesar 48,895 dan tingkat signifikansi F sebesar 0,000 berarti bahwa apabila variabel ini di perlakukan secara bersama-sama maka akan mempengaruhi minat konsumen untuk memilih produk Shar-E. Kemudian nilai determinasi (R2 ) sebesar 0,502 yang menunjukkan bahwa minat konsumen dalam memilih produk Shar-E dapat dijelaskan oleh variabel sikap konsumen dan norma subyektif sebesar 50,2 % dan sisanya 49,8 % dijelaskan oleh variabel lain. Dari analisis regresi tersebut diperoleh persamaan Y = 2,165 + 0,53X1 +0,54X2 + e. Dari penelitian ini juga diketahui atribut yang paling berpengaruh terhadap minat konsumen yaitu atribut "investasi halal dan bebas riba" yang tergolong pada atribut rasional keagamaan. Dengan mengetahui basil penelitian minat konsumen terhadap produk Shar-E tersebut diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu sumber informasi dalam pemasaran dan pengembangan produk. Karena kelebihan dari teori alasan berperilaku ini adalah dapat meramalkan perilaku seseorang dan mengetahui tanggapan konsumen mengenai kelemahan dan keunggulan produk secara relatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE.,M.S.i
Subjects: Keuangan Islam
Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Oct 2015 11:18
Last Modified: 20 Oct 2015 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17866

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum