MANAJEMEN KONFLIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LABORATORIUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014

AHLIS NOOR AHSAN, NIM. 11240047 (2015) MANAJEMEN KONFLIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LABORATORIUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2013-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KONFLIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LABORATORIUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA Tahun 2013-2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KONFLIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI LABORATORIUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI YOGYAKARTA Tahun 2013-2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen konflik adalah suatu upaya suatu organisasi dalam mengelola dan mengendalikan konflik melalui berbagai strategi dan taktik agar mendapatkan resolusi konflik yang diinginkan. manajemen konflik merupakan bentuk kesadaran bagi setiap pihak yang terlibat konflik atau pihak ketiga sebagai organisasi untuk memanfaatkan konflik demi perubahan dan kemajuan bagi organisasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang manajemen konflik di MAN Lab UIN Yogyakarta. MAN Lab UIN Yogyakarta adalah Lembaga Pendidikan Islam yang belum lama berdiri dan masih perlu penyesuaian-penyesuaian dalam berbagai aspek, pengelolaan dan penanganan konflik dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan dalam lembaga, juga pemanfaatan konflik mampu mendorong kemajuan lembaga dengan resolusi berupa organisasi yang sehat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan obyek penelitian dari garis besar latar belakang historis MAN Lab UIN Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai wawancara dengan beberapa narasumber, kemudian dengan observasi, dan pengumpulan beberapa artikel dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konflik terjadi di MAN Lab UIN Yogyakarta, tipe-tipe konflik yang ada di MAN Lab UIN Yogyakarta adalah konflik di dalam individu sendiri, konflik antar pribadi, konflik antar kelompok dan konflik antar organisasi. Konflik yang ada dikelola dan dikendalikan dengan menggunakan gaya manajemen konflik menghindar, kompetisi, kolaborasi, kompromi, dan menggunakan metode manajemen konflik berupa menstimulus, menyelesaikan dan mengurangi konflik sesuai keadaan dan peraturan yang ada sehingga tercipta sebuah resolusi konflik konstruktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN KONFLIK
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Oct 2015 08:24
Last Modified: 29 Oct 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum