PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

ATIN SAPUTRI HAMIDAH FATHHULKHOIR, NIM. 11670006 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA)
11670006_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA)
11670006_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kemampuan tersebut dengan penerapan group investigation dalam pembelajaran. Group investigation adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri, aktif, dan sistematis sehingga peserta didik mampu mengkoordinasikan kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah. Group investigation digunakan dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest postest control group design. Variabelnya terdiri dari variabel bebas berupa pembelajaran group investigation serta variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIA (XI MIA 1 sampai XI MIA 5) kecuali XI MIA 1 SMA Negeri 2 Bantul tahun pelajaran 2014/2015 semester genap. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, terpilih kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ujian menggunakan soal pilihan ganda dan testlet dengan banyak butir soal yang digunakan 18. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji U Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kimia dengan model pembelajaran group investigation memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang ditunjukkan dari rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 0,59 dan 0,40. Hal ini juga didukung dari hasil perhitungan dengan uji U Mann Whitney dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < α (0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asih Widi Wisudawati,M.Pd
Uncontrolled Keywords: group investigation, kemampuan pemecahan masalah, quasi eksperiment
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 04:20
Last Modified: 20 Oct 2015 04:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17868

Actions (login required)

View Item View Item