PENGEMBANGAN LKPD KIMIA BERBASIS DEEP DIALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP

RIZQA NURUL HIDAYANTI, NIM. 11670009 (2015) PENGEMBANGAN LKPD KIMIA BERBASIS DEEP DIALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD KIMIA BERBASIS DEEP DIALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP)
11670009_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD KIMIA BERBASIS DEEP DIALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK KOLOID UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP)
11670009_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD kimia berbasis DD/CT yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi koloid. Penelitian juga untuk menentukan kualitas LKPD kimia berbasis DD/CT materi koloid yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian tiga pendidik kimia dan respon peserta didik SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Pengembangan LKPD kimia dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Instrumen penilaian LKPD berupa lembar penilaian yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh pendidik kimia SMA/MA serta direspon oleh peserta didik kelas XI SMA/MA. Hasil penelitian berupa data kualitatif, kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas LKPD kimia. LKPD yang dikembangkan memiliki karakteristik yang sesuai dengan pendekatan DD/CT yaitu pendidik dan peserta didik nampak aktif; berfokus pada mental, emosional dan spiritual; menggunakan pendekatan dialog mendalam dan berpikir kritis; dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari; mengotimalkan potensi intelligensi peserta didik; peser ta didik dan pendidik dapat menjadi pendengar, pembicara, dan pemikir yang baik; dan lebih menekankan pada nilai sikap dan kepribadian. LKPD yang dikembangkan menurut tiga pendidik kimia SMA/MA mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 84,21%. Peserta didik merespon positif LKPD kimia dengan persentase keidealan sebesar 96,67%. Keterlaksanaan pembelajaran dengan LKPD kimia sebesar 91,18% dan respon peserta didik ketika menggunakannya sebesar 79,53%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, LKPD Kimia, Deep Dialogue/Critical Thinking.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 04:21
Last Modified: 20 Oct 2015 04:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17871

Actions (login required)

View Item View Item