UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT(CET) BERBENTUK PERMAINAN KARTU DI KELAS X SMA N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/ 2015

SUCI KARNIA RAMADHAN, NIM. 11670011 (2015) UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT(CET) BERBENTUK PERMAINAN KARTU DI KELAS X SMA N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT(CET) BERBENTUK PERMAINAN KARTU DI KELAS X SMA N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/ 2015)
11670011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT(CET) BERBENTUK PERMAINAN KARTU DI KELAS X SMA N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2014/ 2015)
11670011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah peningkatan partisipasi aktif dan motivasi siswa serta peningkatan kualitas proses pembelajaran yang diupayakan dengan menerapkan pendekatan Chemo-Edutainment(CET) melalui permainan kartu di kelas XB SMA N 1 Tempel. Peningkatan yang dimaksudkan, diupayakan pada materi pokok larutan elektrolit dan larutan non elektrolit serta reaksi reduksi dan oksidasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain PTK Model Kemmis & McTaggart. Penelitian ini bersifat reflektif yang dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dari tindakan yang telah dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMA N 1 Tempel tahun ajaran 2014/2015, sejumlah 29 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data partisipasi aktif yang diperoleh dari hasil observasi dan motivasi belajar yang diperoleh dari hasil pengisian angket yang diberikan kepada siswa setiap akhir siklus. Data partisipasi aktif dianalisis secara deskriptif berdasarkan perolehan skor partisipasi aktif masing-masing siswa setiap siklusnya, sedangkan motivasi belajar diketahui peningkatannya melalui perhitungan skor berdasarkan pengisian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran kimia melalui penerapan pendekatan Chemo-Edutainment(CET) berbentuk permainan kartu dapat meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa kelas XB SMA N 1 Tempel. Peningkatan partisipasi aktif diperoleh dari peningkatan skor partisipasi aktif setiap siklus, sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa diperoleh dari peningkatan skor angket tertutup motivasi belajar serta jawaban pada angket motivasi terbuka siswa disetiap siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian, apabila rata-rata kelas 75% siswa terlibat aktif dalam pembelajaran untuk partisipasi aktif dan rata-rata kelas 75% siswa memiliki motivasi yang berada pada kategori Baik. Partisipasi aktif pada siklus 1 sebesar 41,3% berada pada kategori Baik, sedangkan ketercapaian partisipasi aktif pada siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan dengan hasil sebesar 59% dari seluruh siswa dalam kategori partisipasi aktif baik. Ketercapaian motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 69,6% berdasarkan hasil siklus 1 meningkat menjadi 79,25% pada siklus 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sidiq Premono, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Chemo-edutainment, Permainan Kartu, Partisipasi aktif, Motivasi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 11:32
Last Modified: 20 Oct 2015 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum