RESPON GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SMA/MA

AULIA LUTHFIANA PUTRI, NIM. 11670013 (2015) RESPON GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SMA/MA)
11670013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RESPON GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK KOLOID KELAS XI IPA SMA/MA)
11670013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (940kB)

Abstract

Problematika yang dihadapi oleh guru-guru dalam implementasi Kurikulum 2013 sangat beragam, salah satunya adalah tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru dan peserta didik terhadap implementasi perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, di mana peneliti mencari tahu lebih jauh tentang respon guru dan peserta didik terhadap implementasi perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang telah diterapkan di empat sekolah yang berbeda di wilayah DIY. Dalam hal ini, perangkat pembelajaran yang digunakan mengacu pada perangkat pembelajaran yang dibuat oleh peneliti lain, yaitu Elsa. Penelitian ini mengambil subjek 79 peserta didik kelas XI IPA dan 4 guru kimia yang berasal dari 4 sekolah yang berbeda, yaitu 25 peserta didik SMAN 1 Pleret, 35 peserta didik SMA Muhammadiyah 3, 7 peserta didik SMA Ali Maksum, dan 12 peserta didik MA Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, pengisian skala, pengisian angket, dan focus group discussion (FGD). Adapun instrumen yang digunakan antara lain pedoman wawancara, skala respon peserta didik, angket, dan pedoman FGD. Data yang diperoleh berupa data respon guru dan peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, serta penghitungan kategorisasi skor skala respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memberikan respon yang baik terhadap implementasi perangkat pembelajaran, terutama dalam hal skenario pembelajaran maupun media permainan contoh-contoh koloid. Peserta didik juga memberikan respon yang baik karena metode pembelajaran yang digunakan lebih bervariasi dan sedikit berbeda dengan kebiasaan guru mengajar, sehingga peserta didik lebih termotivasi dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hasil tersebut diperkuat dengan adanya data perhitungan skor skala respon peserta didik, di mana persentase tertinggi respon peserta didik terhadap implementasi pendekatan saintifik berada pada kategori baik, yaitu 70,9%. Guru dan peserta didik juga memberikan kritik dan saran terkait perangkat pembelajaran yang digunakan, antara lain (a) alokasi waktu yang kurang mencukupi; (b) penggunaan handout sebagai salah satu sumber belajar; (c) forum diskusi yang kurang terbuka; (d) perbaikan instruksi modul praktikum agar lebih detail; dan (e) pemberian estimasi waktu pada saat permainan/game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nina Hamidah, M.A., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, implementasi desain pembelajaran, respon guru, respon peserta didik
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 06:17
Last Modified: 20 Oct 2015 06:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17880

Actions (login required)

View Item View Item