PENGEMBANGAN BUKU PESERTA DIDIK BERBASIS INQUAIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) DARI LA MAIN Á LA PÁTE UNTUK SMP/MTS KELAS VII DENGAN TEMA KLASIFIKASI ZAT

AMANATUL QUDSIYAH, NIM. 11670014 (2015) PENGEMBANGAN BUKU PESERTA DIDIK BERBASIS INQUAIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) DARI LA MAIN Á LA PÁTE UNTUK SMP/MTS KELAS VII DENGAN TEMA KLASIFIKASI ZAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PESERTA DIDIK BERBASIS INQUAIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) DARI LA MAIN Á LA PÁTE UNTUK SMP/MTS KELAS VII DENGAN TEMA KLASIFIKASI ZAT)
11670014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PESERTA DIDIK BERBASIS INQUAIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) DARI LA MAIN Á LA PÁTE UNTUK SMP/MTS KELAS VII DENGAN TEMA KLASIFIKASI ZAT)
11670014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Terbatasnya ketersediaan sumber belajar yang dapat memberikan pengalaman peserta didik, kemampuan berpikir, bekerja, serta mengkomunikasikannya.Pengembangan Buku Peserta Didik Berbasis Inquairy Based Science Education dari La main á la páte untuk SMP/MTs Kelas VII dengan Tema Klasifikasi Zat bertujuan untuk mengkaji karakteristik produk buku peserta didik berbasis Inquairy Based Science Education dari La main á la páte untuk SMP/MTs Kelas VII dengan Tema Klasifikasi Zat yang digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran IPA, serta untuk mengkaji kualitas buku peserta didik berbasis Inquairy Based Science Education dari La main á la páte untuk SMP/MTs Kelas VII berdasarkan hasil penilaian pendidik IPA SMP/MTs dan respon dari peserta didik kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan buku peserta didik berbasis Inquairy Based Science Education dari La main á la páte untuk SMP/MTs Kelas VII adalah model pengembangan ADDIE. Tahap penelitian dan pengembangan tersebut adalah analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk yang dikembangkan berdasarkan tinjauan dari dosen pembimbing, dosen ahli materi, media dan bahasa, serta peer reviewer, dinilai oleh 2 pendidik IPA SMP yang mempunyai pemahaman tentang IBSE dan direspon oleh 10 peserta didik kelas VIII. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian skala 5 untuk pendidik, dan instrumen skala Guttman untuk peserta didik. Penilaian kualitas berdasarkan penilaian pendidik terdiri dari 13 aspek dengan 26 kriteria, dan instrumen respon peserta didik terdiri dari 5 aspek dengan 14 kriteria. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk menentukan kualitas buku peserta didik yang dikembangkan. Hasil penelitian produk buku peserta didik berbasis IBSE dengan empat sintaks yaitu menanya, menyusun hipotesis, melakukan eksperimen, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan. Berdasarkan penilaian dari 2 pendidik IPA SMP mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB) dengan total skor 112,5 dan persentase keidealan 86,53%. Peserta didik memberikan respon positif dengan total skor 11,9 dan persentase keidealan 85%. Berdasarkan hasil tersebut, maka buku peserta didik berbasis IBSE yang dikembangkan, memiliki kualitas Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asih Widi Wisudawati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: buku peserta didik, pendekatan IBSE, klasifikasi zat, IPA SMP/MTs.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 13:19
Last Modified: 20 Oct 2015 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17888

Actions (login required)

View Item View Item