ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA

SUGIANTI KHASANAH, NIM. 11670017 (2015) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA)
11670017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA)
11670017_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis hasil belajar peserta didik pada penerapan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik (Scientific approach), serta (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam penerapan pendekatan tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk (3) mengetahui tingkat keberhasilan penerapan pendekatan saintifik dilihat dari analisis hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian desain pendidikan (Educational Design Research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PAR (Participatory Action Research). Metode ini diadopsi dari model Eilks dan Ralle. Penelitian ini fokus pada tahap evaluation, untuk menganalisis hasil belajar peserta didik pada penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari empat SMA/MA di kelas XI IPA pada materi koloid, diambil satu kelas tiap sekolah sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan non tes. Adapun lembar observasi dan pedoman wawancara sebagai pendukung. Hasil belajar peserta didik yang dianalisis meliputi tiga ranah belajar, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dikatakan berhasil jika nilai ulangan pada materi koloid mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) masing-masing sekolah. Adapun hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotorik dikatakan berhasil, jika mendapatkan nilai baik. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan saintifik pada ranah kognitif kurang baik dan dikatakan belum berhasil, karena hanya beberapa peserta didik yang dapat mencapai nilai KKM, yakni sebanyak 28,20% dari empat sekolah yang diteliti. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut, seperti pada penelitian ini antara lain, yaitu (1) handout, (2) guru, (3) instrumen, (4) materi koloid, serta (5) kondisi masing-masing sekolah yang berbeda. Untuk hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotorik diperoleh hasil yang baik dan dapat dikatakan berhasil dalam implementasi pendekatan saintifik, karena rata-rata nilai hasil belajar pada empat sekolah memperoleh nilai baik, bahkan ada beberapa peserta didik mencapai nilai sangat baik. Hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik yang memperoleh nilai minimal baik adalah sama besarnya, yakni 69,05%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nina Hamidah, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Penelitian desain pendidikan, metode PAR, evaluation, pendekatan saintifik, hasil belajar peserta didik, koloid
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 06:21
Last Modified: 20 Oct 2015 06:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17889

Actions (login required)

View Item View Item