PENGEMBANGAN ARTIKEL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI ADVANCE ORGANIZER

WORO SRI ERDINI, NIM. 11670020 (2015) PENGEMBANGAN ARTIKEL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI ADVANCE ORGANIZER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ARTIKEL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI ADVANCE ORGANIZER)
11670020_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ARTIKEL KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI ADVANCE ORGANIZER)
11670020_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan Artikel Kimia Berbasis Kontekstual sebagai Advance Organizer, bertujuan untuk mengkaji karakteristik produk artikel kimia berbasis kontekstual dalam bentuk advance organizer yang digunakan sebagai materi yang disajikan pertama kali dalam proses pembelajaran. Selain itu, bertujuan untuk mengkaji kualitas artikel kimia berbasis kontekstual sebagai advance organizer yang telah dibuat, berdasarkan hasil penilaian guru kimia SMA/MA dan respon dari peserta didik kelas XI. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan artikel kimia berbasis kontekstual sebagai advance organizer adalah pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Tahap penelitian dan pengembangan tersebut adalah penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, dan revisi produk. Produk yang dikembangkan berdasarkan tinjauan dari dosen pembimbing, dosen ahli materi, media dan bahasa, serta peer reviewer, dinilai oleh 3 guru kimia SMA dan direspon oleh 22 peserta didik kelas XI. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian skala 5 untuk guru, dan instrumen respon skala 4 untuk peserta didik. Penilaian kualitas berdasarkan penilaian guru terdiri dari 9 aspek, dan instrumen respon peserta didik terdiri dari 6 aspek. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk menentukan kualitas artikel kimia yang dikembangkan. Hasil penelitian ini adalah produk artikel kimia berbasis kontekstual dengan tujuh komponen pendekatan kontekstual yakni komponen konstruktivisme terdapat pada pembukaan kegiatan awal setiap bab, komponen inkuiri terdapat pada bagian Detektif Kimia, komponen bertanya terdapat pada kolom Otak Ilmuan, komponen pemodelan terdapat pada kolom Detektif Kimia, Otak Ilmuan dan Mari Berpikir, komponen masyarakat belajar terdapat pada kolom Detektif Kimia dan Ayo Diskusi, komponen refleksi terdapat pada kolom Pemahaman Konsep, dan komponen authentic assessment terdapat pada kegiatan Detektif Kimia dan Ayo Diskusi. Berdasarkan penilaian dari 3 guru kimia SMA mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB) dengan total skor 98,67 dan persentase keidealan 89,70%. Peserta didik memberikan respon positif dengan total skor 66,86 dan persentase keidealan 89,15%. Berdasarkan hasil tersebut, maka artikel kimia berbasis kontekstual sebagai advance organizer yang dikembangkan, memiliki kualitas Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Karmanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: artikel kimia, pendekatan kontekstual, advance organizer
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 13:41
Last Modified: 20 Oct 2015 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17891

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum