IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA

MIR’ATUL AZIZAH, NIM. 11670022 (2015) IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA)
11670022_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI IPA SMA/MA)
11670022_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Scientific approach merupakan pendekatan yang cocok digunakan pada pembelajaran sains karena proses yang dilakukan dalam pembelajaran bertujuan agar peserta didik mempunyai sifat kecintaan pada kebenaran yang objektif. Proses pembelajaran yang berbasis Scientific approach menuntut peserta didik untuk berpartisipati aktif dalam pembelajaran, dengan melakukan eksperimen dan memecahkan suatu permasalahan akan menghasilkan pengetahuan yang benar-benar bermakna. Pada kenyataannya, sebagian besar guru masih mengalami kesulitan baik dalam penyusunan maupun dalam mengimplementasikan Scientific approach. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mempelajari implementasi desain perangkat pembelajaran berbasis scientific approach pada materi koloid di kelas XI IPA SMA/MA; (2) menjabarkan hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan berupa penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mengimplementasikan perangkat pembelajaran pada 4 sekolah SMA/MA yang berada di wilayah DIY untuk mempelajari bentuk implementasi desain perangkat pembelajaran yang telah disusun dan menjabarkan hambatan-hambatan yang dirasakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang guru kimia, 27 peserta didik SMAN 1 Pleret, 8 peserta didik SMA Ali Maksum, 35 peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan 14 peserta didik MA Nurul Ummah. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, menampilkan data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain perangkat pembelajaran berbasis scientific approach pada materi koloid dapat diimplementasikan pada keempat sekolah tersebut dengan adanya penyesuaian perangkat pembelajaran terhadap keadaan masing-masing sekolah. Perbedaan implementasi perangkat pembelajaran dipengaruhi oleh pemahaman awal guru terhadap scientific approach. Adapun hambatan yang dialami oleh guru dalam mengimpementasikan desain pembelajaran berupa (a) kurangnya alokasi waktu; (b jadwal mata pelajaran kimia setelah sitirahat; (c) katidaktersediaan sumber belajar; (d) jumlah peserta didik dalam 1 rombongan belajar yang melebihi batas maksimal (batas maksimal rombel tingkat SMA/MA adalah 32 peserta didik); (e) terbatasnya sarana dan prasarana di sekolah; dan (f) perbedaan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nina Hamidah, M.A., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, implementasi, scientific approach.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 13:49
Last Modified: 20 Oct 2015 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum