ANAL ISIS PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH MENURUT PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) No.59 (STUDI PADA BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH YOGYAKARTA)

NUR KHOLIFAH, 02391280 (2007) ANAL ISIS PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH MENURUT PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) No.59 (STUDI PADA BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANAL ISIS PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH MENURUT PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) No.59 (STUDI PADA BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (ANAL ISIS PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN MURABAHAH MENURUT PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) No.59 (STUDI PADA BANK TABUNGAN NEGARA KANTOR CABANG SYARIAH YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (22MB)

Abstract

Kelahiran Bank Syariah di Indonesia merupakan angin segar yang cukup berkembang dan menjadi salah satu konsep pembiayaan altematif di tengah krisis moneter yang terjadi. Hal ini disebabkan karena pada saat perbankan nasional makin menurun kinerjanya, ketika perekonomian semakin sulit, perbankan syariah justru mampu membuktikan diri lebih mampu bertahan disaat krisis. Krisis yang berkepanjangan ini akan memberikan dampak yang sangat berarti terhadap perkembangan perbankan di Indonesia. Salah satu dampak yang ada adalah kurangnya perhatian perbankan konvensional terhadap masyarakat ekonomi lemah yang sangat membutuhkan bantuan dalam bidang ekonomi. BTN Syariah mencoba untuk menawarkan produk pembiayaan dalam bentuk jual beli yang dikenal dengan nama murabaflah. Perlakuan akuntansi terhdap produk pembiayaan murabaflah menjadi bagian yang sangat penting dalam proses perkembangan perbankan syariah. Hal ini memiliki beberapa alasan diantaranya perlakuan akuntansi terhadap suatu produk pembiayaan akan memberikan suatu spesifikasi khusus terhadap penentuan jumlah dan jenis pengungkapan informasi, aturan, dan prosedur pengukuran serta bentuk penyajian laporan keuangan dan pelaporan keuangan. Alasan Jain pentingnya perlakuan akuntansi terhadap suatu produk pembiayaan adalah untuk memberikan infonnasi yang berguna bagi investor dalam menentukan jumlah waktu dan ketidakpastian dari arus kas prospektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan menurut maksudnya merupakan descriptive research. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang penyusun gunakan adalah analisis perskriptif, yaitu menjelaskan apakah perlakuan akuntansi terhadap pembiayaan murabahah pada Bank Tabungan Negara Kancab Syariah Yogyakarta telah sesuai dengan Pemyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 59. Hasi1 penelitian berkesimpulan bahwa perlakuan akuntansi terhadap pembiayaan murabaflah telah sesuai dengan dengan PSAK 59. Pengakuan akun laporan keuangan pada BTN Kancab Syariah menggunakan accrual basis, sedangkan untuk bagi hasil menggunakan cash basis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. IBNU QIZAM SE., M.Si. Akt
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 20 Oct 2015 06:57
Last Modified: 20 Oct 2015 06:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17897

Actions (login required)

View Item View Item