PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN MODAL SAHAM TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index)

Reni Murtanti, 02391630 (2007) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN MODAL SAHAM TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN MODAL SAHAM TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN MODAL SAHAM TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan (insiders ownership, shareholders dispersion, dan institutional investors), faktor internal perusahaan dividend payment, firm size, dan profitability terhadap kebijakan hutang perusahaan. Penelitian ini didasarkan hasil studi Moh'd et. al., (1998) yang menyatakan bahwa struktur kepemilikan adalah penting dalam menjelaskan kebijakan hutang (struktur modal) perusahaan konteks keagenan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang continious listing dan menjadi anggota Jakarta Islamic Index (ill). Metode pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode ┬Ěpurposive sampling. Dengan menggunakan periode penelitian antara tahun 2001 sampai dengan 2005. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari vaeriabel struktur kepemilikan, insiders ownership dan shareholders dispersion tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap debt ratio, sementara institutional investors terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap debt ratio perusahaan, serta mempunyai hubungan yang negatif terhadap debt ratio. dengan basil uji signifikansi sebesar 0.044. Faktor internal perusahaan sebagai variabel kontroI terdiri dari dividend payment, firm size, dan firm profitability . Terbukti bahwa size mempunyai pengaruh positif signifikan dengan hasil uji signifikansi sebesar 0.001. Dan profitabilitas mempunyai penga:ruh negatif signifikan dengan hasi1 uji signifikansi sebesar 0.041. Adapun dividend payment tidak berpengaruh secara signifikan terhadap debt ratio perusahaan. Secara bersama-sama variabel independen mempengaruhi debt ratio. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi sebesar 52,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M.Si
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 20 Oct 2015 07:04
Last Modified: 20 Oct 2015 07:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17903

Actions (login required)

View Item View Item