PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) KIMIA KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

FATKHUL AINI QURAN SYAH, NIM. 11670030 (2015) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) KIMIA KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) KIMIA KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI)
11670030_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) KIMIA KELAS X PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI)
11670030_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan subject specific pedagogy (SSP) Kimia berbasis model inkuiri bertujuan untuk mengkaji kualitas SSP Kimia berbasis Model Inkuiri materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk SMA/MA Kelas X. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Prosedur dalam penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Namun tahap Desseminate dalam penelitian ini tidak dilaksanakan. SSP Kimia ini ditinjau oleh empat dosen ahli (ahli perangkat, ahli media, dan ahli materi), tiga guru kimia baik negeri maupun swasta, kemudian diujicobakan terbatas ke peserta didik Kelas XI MAN 2 Surakarta tahun 2015/2016. Instrumen penilaian untuk mengkaji kualitas SSP ini berupa (1) lembar penilaian SSP Kimia ditinjau oleh empat dosen ahli (ahli perangkat, ahli media, dan ahli materi), tiga guru kimia baik negeri maupun swasta (2) soal posttest, dan (3) skala respon peserta didik. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas SSP kimia. SSP Kimia yang dikembangkan dikemas dalam perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Inkuiri yang berisi petikan silabus, RPP, Instrumen pembelajaran, dan LKPD. SSP Kimia dikembangkan pada materi kelas X semester 2 yaitu larutan elektrolit dan nonelektrolit. Produk penelitian ini menunjukkan bahwa SSP Kimia Berbasis model pembelajaran inkuiri untuk SMA/MA menurut empat dosen ahli memperoleh skor 211,8 dari skor maksimal 255 dan persentase keidealan sebesar 84% atau dengan kategori Baik (B). Penilaian guru kimia SMA/MA memperoleh skor 236,96 dari skor maksimal 255 dan persentase keidealan sebesar 92% atau dengan kategori Sangat Baik (SB). Pada ujicoba terbatas didapatkan hasil post-test (hasil belajar) mencapai kategori Baik (B) yaitu sebanyak 72% telah mencapai KKM. Selain itu dari hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran diketahui skor rata-rata yang diperoleh adalah 65 dari skor maksimal 80 dengan persentase skor 81% atau dengan kategori Sangat Positif (SP). Berdasarkan hal tersebut, maka SSP Kimia berbasis model pembelajaran inkuiri dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asih Widi Wisudawati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, subject specific pedagogy (SPP), pembelajaran inkuiri, larutan elektrolit dan nonelektrolit
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 14:03
Last Modified: 20 Oct 2015 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17904

Actions (login required)

View Item View Item