EFEKTIVITAS STRATEGI GROUP RESUME TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

DIAN LUKMANA, NIM. 11670035 (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI GROUP RESUME TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS STRATEGI GROUP RESUME TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
11670035_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS STRATEGI GROUP RESUME TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
11670035_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian uji efektivitas strategi group resume terhadap keaktifan dan prestasi belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pleret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas strategi group resume terhadap prestasi belajar kimia siswa jika dibandingkan dengan strategi ekspositori, serta (2) efektivitas strategi group resume terhadap keaktifan siswa jika dibandingkan dengan strategi ekspositori. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas berupa strategi group resume serta variabel terikat berupa prestasi belajar kimia dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pleret tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 75 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling, terpilih kelas XI IPA 2 sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 1 sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes (tes kemampuan kognitif) untuk prestasi belajar dan non tes (skala keaktifan dan lembar observasi keaktifan siswa) untuk keaktifan siswa. Efektivitas terhadap prestasi belajar siswa dilihat dari hasil (1) analisis ketuntasan belajar siswa menggunakan uji parametrik Independent Sampel Test dan uji nonparametrik Mann Whitney U, (2) gain ternormalisasi, sedangkan efektivitas terhadap keaktifan siswa dilihat dari (1) analisis parametrik Independent Sampel Test, (2) lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran kimia dengan strategi group resume lebih efektif terhadap prestasi belajar siswa, dilihat dari hasil statistika Independent Sampel Test dengan nilai sig.(1-tailed) 0,005 < α (0,05), dan hasil uji statistika Mann Whitney U dengan nilai sig.(1-tailed) 0,009 < α (0,05) serta didukung dengan nilai N-gain pada kelas eksperimen > kelas kontrol, (2) pembelajaran kimia dengan strategi group resume lebih efektif terhadap keaktifan siswa. Hal ini dilihat dari hasil statistika Independent Sampel Test dengan nilai sig.(1-tailed) 0,019 < α (0,05), dan didukung dengan hasil observasi yang menunjukkan kelas eksperimen pada kategori amat baik dengan rata-rata skor sebesar 9,39 lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, strategi group resume, prestasi belajar kimia, keaktifan siswa.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 14:06
Last Modified: 20 Oct 2015 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17906

Actions (login required)

View Item View Item