PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH (PENDEKATAN ILMIAH) PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA SEMESTER GASAL

HERFIRA NUR UTAMI, NIM. 11670039 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH (PENDEKATAN ILMIAH) PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA SEMESTER GASAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH (PENDEKATAN ILMIAH) PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA SEMESTER GASAL)
11670039_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH (PENDEKATAN ILMIAH) PADA MATERI POKOK SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA SEMESTER GASAL)
11670039_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis scientific approach (pendekatan ilmiah) pada materi pokok sistem periodik unsur. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau karakteristik produk LKS kimia berbasis scientific approach pada materi pokok sistem periodik unsur untuk kelas X SMA/MA semester gasal serta meninjau kualitas produk LKS kimia Kelas X SMA/MA pada materi pokok sistem periodik unsur berdasarkan penilaian dari guru kimia SMA/MA dan respon siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) terbatas. Penelitian ini hanya sampai dengan tahap ADD (Analysis, Design, Development). Tiga tahap penelitian ini dimulai dengan analisis kebutuhan, melakukan rancangan terhadap desain isi LKS, kemudian melakukan pengembangan LKS itu sendiri sesuai dengan karakteristiknya. Produk yang telah sampai tahap pengembangan divalidasi oleh dosen ahli materi, ahli media, peer reviewer, dinilai 3 orang guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 12 siswa Kelas X SMA/MA. Penilaian kualitas oleh guru menggunakan instrumen penilaian skala 5 dan instrumen respon untuk siswa menggunakan skala 2 yaitu dengan ceklis YA atau TIDAK. Penilaian oleh guru kimia terdapat 5 aspek dengan 19 komponen, untuk siswa terdapat 4 aspek dengan 14 komponen. Hasil penilaian yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistika deskriptif yang akan menentukan kualitas LKS scientific approach yang dikembangkan. Hasil penilaian yang diperoleh dari 3 guru kimia SMA/MA mendapatkan total skor rerata yaitu 85 dan persentase keidealan 89,47%, berdasarkan total skor rerata dan persentase keidealan tersebut LKS memiliki kualitas Sangat Baik (SB). Berdasarkan respon dari siswa mendapatkan kualitas Sangat Baik dengan total skor 138 dan persentase keidealan 82,14% sehingga LKS scientific approach yang dikembangkan sudah cukup untuk dikategorikan sebagai LKS yang baik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: LKS, scientific approach, media pembelajaran mandiri.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Oct 2015 14:09
Last Modified: 20 Oct 2015 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum