PENGARUH PENDEKATAN INQUIRED BASED SAINS EDUCATION (IBSE) TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMP N 5 YOGYAKARTA KELAS VII SEMESTER II PADA MATERI POKOK PEMANASAN GLOBAL TAHUN AJARAN 2014 – 2015

NASIATUL MUBAROKAH, NIM. 11670040 (2015) PENGARUH PENDEKATAN INQUIRED BASED SAINS EDUCATION (IBSE) TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMP N 5 YOGYAKARTA KELAS VII SEMESTER II PADA MATERI POKOK PEMANASAN GLOBAL TAHUN AJARAN 2014 – 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN INQUIRED BASED SAINS EDUCATION (IBSE) TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMP N 5 YOGYAKARTA KELAS VII SEMESTER II PADA MATERI POKOK PEMANASAN GLOBAL TAHUN AJARAN 2014 – 2015)
11670040_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN INQUIRED BASED SAINS EDUCATION (IBSE) TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMP N 5 YOGYAKARTA KELAS VII SEMESTER II PADA MATERI POKOK PEMANASAN GLOBAL TAHUN AJARAN 2014 – 2015)
11670040_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendekatan Inquired Based Sains Education (IBSE) terhadap kreativitas siswa (2) Pengaruh pendekatan Inquired Based Sains Education (IBSE) terhadap kemampuan komunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas berupa pendekatan Inquired Based Sains Education (IBSE) dari LAMAP serta variabel terikat berupa kreativitas dan kemampuan komunikasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 5 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, terpilih kelas VII-8 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu nonujian berupa skala kreativitas dan komunikasi siswa, lembar observasi kemampuan komunikasi siswa, dan lembar penilaian kreativitas siswa. Uji hipotesis menggunakan uji one way ANOVA. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kimia dengan pendekatan Inquired Based Sains Education (IBSE) lebih berpengaruh positif dibandingkan dengan pendekatan Sainstifik terhadap kreativitas siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig.(1-tailed) 0,040 < α 0,05, (2) Pembelajaran kimia dengan pendekatan IBSE lebih berpengaruh positif dibandingkan dengan pendekatan Sainstifik terhadap kemampuan komunikasi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig.(1-tailed) 0,041 < α 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asih Widi Wisudawati,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan IBSE, kreativitas, kemampuan komunikasi, one way ANOVA
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 07:11
Last Modified: 20 Oct 2015 07:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17911

Actions (login required)

View Item View Item