PENGARUH STRATEGI PEMASARAN SHAR-E TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA

ULFAH SAFRINI, 03390544-02 (2007) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN SHAR-E TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PEMASARAN SHAR-E TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMASARAN SHAR-E TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK MUAMALAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA)
BAB II, III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Karakteristik penting dari pemasaran sebagai fungsi bisnis adalah fokusnya pada pelanggan dan kebutuhan mereka. Dalam hal ini, bank juga berfokus pada nasabah dengan tujuan memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka akan suatu produk jasa bank. Bank yang tidak menjalankan kegiatan pemasaran secara benar akan ditinggalkan oleh nasabahnya dan jangan diharapkan akan mendapatkan nasabah yang Joyal. Bank perlu untuk menyusun strategi pemasarannya dengan baik. Terdapat banyak strategi yang dapat diterapkan oleh bank dan didalam skripsi ini akan dibahas basaimana pengaruh strategi pemasaran yang meliputi produk., harga, tempat dan promosi terhadap loyalitas nasabah yang pada akhirnya akan mempengaruhi nasabah wituk loyal terhadap produk/jasa bank tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitiannya deskriptif eksplanatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan pengaruh antara variabel bebas (produk, harga, tempat dan promosi) dengan variabel terikat Ooyalitas nasabah) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Dalam meneari analisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui angket yang dibagikan kepada nasabah Shar-E, dengail wawancara kepada pihak yang terkait, dan didukung pula dengan literatur yang berhubwigan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan analisis regresi diperoleh kesimpulan bahwa produk, harga, tempat dan promosi tersebut mempunyai t hilrmg yang lebih besar dari ttabel, sehingga dapat dikatakan bahwa varibel-variabel tersebut berpertgaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai f1ti111ng masing:-masing variabel yaitu produk sebesar 4.158, harga sebesar 3.568, tempatldistribusi sebesar 2.955 dan promosi sebesar 4.058. Secara simultan, variabel produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F(hitung) 8 > F (tabel) (31.940 > 2.4582) dengan taraf signifikansi sebesar 0.000. Pengaruh varibel-variabel terhadap pengambilan keputusan menabung ditunjukkan dengan R2 sebesar 0.549. Ini berarti bahwa 54.9°/0 loyalitas nasabah dipengaruhi oleh produk, harga, tempat dan promosi. Sedangkan sisanya sebesar 45.1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. SYAFIQ M HANAFI, S.Ag, M.Ag
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 20 Oct 2015 07:14
Last Modified: 20 Oct 2015 07:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17912

Actions (login required)

View Item View Item