EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA SISWA MATA PELAJARAN KIMIA SEMESTER 2

IRMA ASFIYANI ZAHROH, NIM. 11670046 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA SISWA MATA PELAJARAN KIMIA SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA SISWA MATA PELAJARAN KIMIA SEMESTER 2)
11670046_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) TERHADAP CURIOSITY (RASA INGIN TAHU) DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA SISWA MATA PELAJARAN KIMIA SEMESTER 2)
11670046_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan yang pertama adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model VAK ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran Kimia semester genap. Tujuan yang kedua yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan model VAK ditinjau dari retensi pengetahuan kimia siswa pada mata pelajaran Kimia semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Godean Yogyakarta pada siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2014/2015 dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model VAK sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan model Direct Instruction. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa soal retensi dan nontes berupa skala curiosity (rasa ingin tahu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model VAK efektif ditinjau dari rasa ingin tahu siswa yang dianalisis dengan effect size dan menunjukkan nilai sebesar 0,49. Artinya model VAK efektif terhadap rasa ingin tahu siswa dalam kategori sedang, selain itu penggunaan model VAK juga efektif ditinjau dari retensi pengetahuan kimia siswa yang dianalisis dengan effect size dan menunjukkan nilai sebesar 0,54. Artinya model VAK efektif terhadap retensi pengetahuan kimia siswa dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Model VAK, Retensi Pengetahuan, Curiosity (Rasa Ingin Tahu)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 14:18
Last Modified: 20 Oct 2015 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17916

Actions (login required)

View Item View Item