PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP INOVASI PELAYANAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BINA IHSANUL FIKRI (BIF) YOGYAKARTA

AJI SUPRIYO WIJAYANTO, NIM. 10240022 (2015) PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP INOVASI PELAYANAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BINA IHSANUL FIKRI (BIF) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP INOVASI PELAYANAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BINA IHSANUL FIKRI (BIF) YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP INOVASI PELAYANAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BINA IHSANUL FIKRI (BIF) YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (833kB)

Abstract

Praktik manajemen sumber daya manusia merupakan penerapan serangkaian proses manajerial dan operasional yang di dalamnya memberikan suatu pengaturan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam suatu organisasi, praktik manajemen sumber daya manusia yang komprehensif terintegrasi dalam suatu praktik yang komplementer di mana praktik-praktik tersebut tidak dapat diimplementasikan secara terpisah. Oleh karena itu, dalam suatu organisasi, implementasi setiap fungsifungsi manajemen sumber daya manusia harus terintegrasi dalam organisasi tersebut dengan tujuan mencapai praktik manajemen sumber daya manusia yang relevan dalam menjawab gejolak kompleksitas tantangan bisnis organisasi, khususnya organisasi penyedia jasa. Untuk mendorong dan meningkatkan pelayanan yang lebih inovatif, sumber daya manusia menjadi faktor utama dalam inovasi pelayanan karena sumber daya manusia adalah co-creator dan co-executor dalam mencapai pelayanan yang inovatif. KJKS BIF Yogyakarta merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa keuangan secara syariah. Sebagai koperasi jasa keuangan syariah yang telah memiliki market share cukup luas, KJKS BIF harus survive dan ekspansif dalam persaingan jasa keuangan syariah di Yogyakarta untuk lebih inovatif dalam memberikan pelayanan jasa keuangan kepada masyarakat luas. Penelitian ini bersifat deskriptif-kuantitatif dengan subjek penelitian karyawan KJKS BIF Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah praktik manajemen sumber daya manusia yang mencakup perencanaan SDM, pelatihan, dan penilaian kinerja. Hasil dari penelitian ini praktik manajemen sumber daya mausia secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi pelayanan. Sedangkan secara parsial, faktor yang dominan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi pelayanan yaitu perencanaan SDM. Faktor penilaian kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi pelayanan dengan signifikansi. Faktor yang tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi pelayanan yaitu pelatihan. Kata Kunci : Perencanaan Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Penilaian Kinerja, Inovasi Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. MIKHRIANI, M.M
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Penilaian Kinerja, Inovasi Pelayanan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2015 08:07
Last Modified: 30 Oct 2015 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum