PROSES PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ILMU KIMIA DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP PESERTA DIDIK DI SMA N 1 TAYU, PATI, JAWA TENGAH

YUNI LESTARI, NIM. 11670051 (2015) PROSES PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ILMU KIMIA DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP PESERTA DIDIK DI SMA N 1 TAYU, PATI, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ILMU KIMIA DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP PESERTA DIDIK DI SMA N 1 TAYU, PATI, JAWA TENGAH)
11670051_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ILMU KIMIA DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP PESERTA DIDIK DI SMA N 1 TAYU, PATI, JAWA TENGAH)
11670051_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis ilmu kimia yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian, serta mengetahui efek pengiring pembelajaran terhadap empat aspek kecakapan hidup peserta didik kelas XI MIA di SMA N 1 Tayu, Pati, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru yang mengampu mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan serta peserta didik kelas XI MIA 1, XI MIA 2 dan XI MIA 4 di SMA N 1 Tayu. Objek penelitian yaitu proses pembelajaran prakarya dan kewirausahaan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian, serta empat aspek kecakapan hidup peserta didik sebagai efek pengiring pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi partisipatif, serta skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kegiatan perencanaan, terkait dokumen perencanaan dan ketersediaan ruangan dan media dapat menunjang berjalannya proses belajar, akan tetapi sumber belajar belum secara penuh mendukung proses produksi karena informasi tentang beberapa kegiatan pengolahan yang dilakukan tidak terdapat dalam sumber belajar guru maupun peserta didik, (2) pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dengan pendekatan saintifik memungkinkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mengembangkan kemampuan berwirausaha (3) penilaian yang dilakukan secara terbuka dapat menjadi faktor yang mempengaruhi aktivitas peserta didik saat pembelajaran, sehingga peserta didik terlihat antusias dalam menunjukkan peran serta mereka saat kegiatan diskusi, (4) empat aspek kecakapan hidup peserta didik termasuk kategori sangat baik, yaitu 93,9% untuk kecakapan personal, 86,5% untuk kecakapan sosial, 86,5% unrtuk kecakapan akademik, dan 93,1% untuk kecakapan vokasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Asih Widi Wisudawati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, prakarya dan kewirausahaan, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian, pendidikan kecakapan hidup
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Oct 2015 07:21
Last Modified: 20 Oct 2015 07:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17919

Actions (login required)

View Item View Item