EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PEDESAAN (PNPM-MP) UNTUK USAHA KECIL DI KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2013-2014 (STUDI PELAKSANAAN SIMPAN PINJAM)

ALMIRA SURYANITA, NIM. 11250086 (2015) EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PEDESAAN (PNPM-MP) UNTUK USAHA KECIL DI KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2013-2014 (STUDI PELAKSANAAN SIMPAN PINJAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PEDESAAN (PNPM-MP) UNTUK USAHA KECIL DI KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2013-2014 (STUDI PELAKSANAAN SIMPAN PINJAM))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PEDESAAN (PNPM-MP) UNTUK USAHA KECIL DI KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2013-2014 (STUDI PELAKSANAAN SIMPAN PINJAM))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (901kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan Untuk Usaha Kecil Di Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo Tahun 2013-2014 (Studi Pelaksanaan Simpan Pinjam). Dilatar belakangi karena Indonesia sudah menganut welfare state, maka pemerintah mencanangkan program pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan Masyarakat sendiri diartikan sebagai proses mengembangkan, memandirikan, menswadayakan, memperkuat posisi tawar menawar masyarakat lapisan bawah terhadap kekuatan-kekuatan penekanan di segala bidang dan sektor kehidupan. Oleh karena itu dalam skripsi ini penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksaan simpan pinjam PNPM Mandiri Perdesaan dan ingin mengetahui evaluasi PNPM Mandiri Perdesaan untuk usaha kecil di Kecamatan Mojotengah. Tujuannya adalah mengetahui pelaksanaan program simpan pinjam PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Mojotengah dilaksanakan dan evaluasinya. Karenanya evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi sumatif, yaitu evaluasi yang dilakukan diakhir program untuk mengetahui kegunaan program tersebut setelah dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengambilan datanya adalah dengan interview atau wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari penelitian yang dilaksanakan, penulis menemukan hasil bahwa kegiatan simpan pinjam PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Mojotengah berjalan dengan baik. Sesuai dengan prosedur dan dilaksanakan secara transparan sehingga masyarakat percaya bahwa PNPM Mandiri mampu membantu mereka dalam bidang ekonomi. Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, PNPM Mandiri Perdesaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, PNPM Mandiri Perdesaan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2015 01:06
Last Modified: 30 Oct 2015 01:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17924

Actions (login required)

View Item View Item