PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN CTL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

ORINA CINDY ASTUTI, NIM. 10600002 (2015) PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN CTL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN CTL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
10600002_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (38MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL DENGAN PENDEKATAN CTL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
10600002_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dengan pendekatan CTL pada pokok bahasan himpunan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa yang berkualitas. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa setelah menggunakan modul serta untuk mengetahui respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Adapaun instrumen yang digunakan meliputi: lembar penilaian modul dengan pendekatan CTL, angket respon siswa terhadap modul, dan soal evauasi kemampuan pemahaman konsep. Modul dengan pendekatan CTL dikembangkan dengan memuat tujuh prinsip pembelajaran berbasis CTL yaitu kontruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan juga statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dengan pendekatan CTL mendapatkan penilaian baik oleh validator dengan presentase keidealan 82,6% untuk kelayakan isi dan 80,35% untuk penampilan dan kebahasaan. Respon siswa terhadap modul ini juga termasuk kategori positif dengan presentase keidealan sebesar 88,4%. Setelah menggunakan modul dengan pendekatan CTL kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat terbukti dengan adanya peningkatan dari nilai rata-rata pretest ke posttes yaitu dari 45,86 menjadi 61,11.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Modul, CTL, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Oct 2015 01:35
Last Modified: 21 Oct 2015 01:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17928

Actions (login required)

View Item View Item