EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA

NURUL ABIDIN, NIM. 10600009 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA)
10600009_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA)
10600009_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep, (2) Model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika, (3) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga tidak lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran MMP terhadap pemahaman konsep matematika, (4) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar, (5) Model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar, (6) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga tidak lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran MMP terhadap minat belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling dan dua variabel terikat berupa pemahaman konsep dan minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Yogyakarta 2014/2015 yang terbagi dalam 6 kelas, sedangkan dalam penelitian ini kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, VIII B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest pemahaman konsep dan prescale-postscale sikap minat belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametris dan nonparametris dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep, (2) Model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika, (3) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga tidak lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran MMP terhadap pemahaman konsep matematika, (4) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar, (5) Model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar, (6) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga tidak lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran MMP terhadap minat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Missouri Mathematics Project, Snowball Drilling, Pemahaman Konsep, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2015 09:05
Last Modified: 21 Oct 2015 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17929

Actions (login required)

View Item View Item